Kehamilan

Mengenal Pengaruh dan Tanda Hipotiroid Untuk Ibu Hamil

Tanda Hipotiroid Untuk Ibu Hamil-IGendokrinoloqdr.rovshan_hasanov
Tanda Hipotiroid Untuk Ibu Hamil-IGendokrinoloqdr.rovshan_hasanov

NOVAYANTI.COM – Mengenal Pengaruh dan Tanda Hipotiroid Untuk Ibu Hamil Sudahkah Anda mengenal hipotiroid, apabila sudah, Apakah Anda mengetahui pengaruh hipotiroid pada wanita hamil? Sekarang Anda dapat menemukan jawabannya. Hipotiroid sendiri yakni salah satu kelainan di kelenjar yang memproduksi hormon tiroid.

Hipotiroid adalah hormon yang memiliki peran untuk pertumbuhan serta beberapa proses regulasi tubuh, dan terkait kehamilan, ternyata hormon tiroid merupakan hormon yang memegang peranan vital untuk perkembangan janin. Anda jangan menganggap sepele hubungan atau peran dari hormon tiroid untuk kondisi wanita hamil. Tak sedikit wanita hamil pernah mengalami hipotiroid, jika itu yang terjadi, maka akan ada banyak efek yang terjadi pada janin yang tengah dikandung.

Beberapa contoh efeknya yaitu bayi cacat, bayi mengalami kelainan, selain itu juga keguguran, serta kematian bayi. Hormon tiroid, pembentukannya itu dimediasi adanya unsur yodium pada dalam darah seseorang. Jika Anda sebelumnya pernah melihat manusia kerdil atau cebol, faktor penyebabnya bisa karena hormon tiroid yang kurang.

Tanda Hipotiroid Untuk Ibu Hamil

Jika ingin mengetahui gejala apabila terkena hipotiroid, terutama untuk wanita hamil, maka Anda akan bisa melihat tanda-tanda berikut ini.

Hipotiroid
Hipotiroid

Kelelahan

Hipotiroid dapat disebabkan karena tubuh kelelahan. Hipotiroid yang disebabkan oleh kelelahan ini tak dapat sembuh dengan mudah, serta cukup lama, namun untuk menyembuhkannya tidak terlalu sulit. Yang penting adalah cukup tidur atau istirahat, jangan terlalu lelah lagi.

Kulit terlihat kusam

Gejala hipotiroid yang berikutnya dapat dilihat dari kondisi kulit, di mana kondisi kulit menjadi terlihat tidak terawat dan bertekstur kering.

Suara serak

Gejala ketiga adalah suara menjadi serak. Alasan mengapa ini dapat terjadi, yakni hormon tiroid yang kurang bisa menyebabkan kelainan di pita suara, dan kondisi tersebutlah yang menyebabkan suara berubah menjadi serak.

Rambut rontok

Rambut rontok merupakan gejala keempat. Biasanya rambut rontok akan terjadi dengan terus menerus. Jika kondisi hipotiroid sudah cukup parah, maka rambut pun akan semakin tipis, bahkan beresiko mengalami kebotakan.

Gangguan tidur

Gejala kelima adalah gangguan tidur. Walaupun orang hamil sering juga mengalami gangguan tidur, namun jika gangguan tidur disertai gejala hipotiroid yang lain, Anda harus waspada terhadap hipotiroid. Tetapi bukan berarti jika seorang wanita hamil mengalami gangguan tidur, lantas wanita hamil tersebut terkena hipotiroid, itu belum pasti.

Mudah lupa dan lamban bicara

Gejala keenam wanita hamil dengan hipotiroid adalah mudah lupa dan menjadi lamban dalam bicara. Selain itu wanita hamil juga akan terlihat lesu, tak bertenaga. Ini semua karena pengaruh hormon kepada kinerja otak, serta hipotalamus.

Masalah psikologis

Gejala ketujuh adalah terjadinya beberapa masalah psikologis. Masalah psikologis contohnya stress, depresi, dan juga untuk kondisi yang berat – Seorang wanita hamil dapat mengalami yang namanya gangguan fungsi saraf total atau lumpuh saraf. Ini merupakan kondisi yang sudah cukup fatal dan akan sulit untuk disembuhkan, karena itu sebelum mencapai tahap ini, segeralah ditangani.

Terapi hormon

Terapi yang biasa dilakukan untuk penderita hipotiroid adalah terapi hormon, selain itu juga terkadang dilakukan prosedur pemberian radioaktif, di mana ini memiliki kegunaan untuk menambah atau meningkatkan produksi dari hormon tiroid. Karena itu pengaruh hipotiroid untuk wanita hamil dengan sifat negatif pun akan bisa diatasi. Tetapi yang pasti, Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter, sehingga penanganan yang tepat dapat segera diberikan, jangan tunggu terlambat.

Related posts

5 Posisi Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil Ketika Masuk Trimester Ketiga

Riska Novayanti

Cara Cepat Hamil dan Mendapatkan Anak Ala dr. Boyke

Riska Novayanti

Apa Yang Terjadi Pada Serviks Selama Kehamilan

Riska Novayanti

Berikan komentar