Kesehatan

13 Penyebab Dada Terasa Nyeri Yang Jarang Diketahui

Penyebab Dada Terasa Nyeri-IGnyerisedap
Penyebab Dada Terasa Nyeri-IGnyerisedap

NOVAYANTI.COM – 13 Penyebab Dada Terasa Nyeri Yang Jarang Diketahui Untuk anda semua yang pernah mengalami rasa nyeri di bagian dada maka pastinya selain tidak akan merasa nyaman ketika beraktivitas akan tetapi terasa sangat sesak di saat mengambil nafas dikarenakan di bagian dada ada rasa nyeri yang ternyata diakibatkan beberapa hal yang pastinya belum Anda ketahui. Kondisi nyeri dada bisa menjadi tanda jika dada anda mempunyai masalah seperti masalah pernapasan, masalah di area jantung, masalah pencernaan, sampai masalah kesehatan mental dan hal ini haruslah anda ketahui tentang penyebab dari rasa nyeri di area dada terutama bagi perempuan.

Seperti dikutip dari berbagai sumber di internet sedikitnya ada 13 penyebab dada terasa nyeri yang biasa dialami oleh perempuan ataupun pria, akan tetapi nyeri dada tersebut hampir kebanyakan menyerang perempuan dimana Ketika anda mengalami nyeri di bagian dada maka sebaiknya harus sedikit diperhatikan walaupun tidak usah khawatir dikarenakan penyebab rasa nyeri di bagian dada tersebut bisa dikarenakan beberapa faktor.

Nyeri di bagian dada terutama untuk perempuan bisa berlangsung selama beberapa menit atau malah dalam beberapa kasus bisa berlangsung lumayan lama di mana penyebab nyeri di bagian dada bisa beragam dan pada artikel kali ini kami akan membahasnya untuk kalian semua.

Penyebab dada terasa nyeri

Di bawah ini adalah penyebab dada terasa nyeri yang mungkin belum Anda ketahui di mana terdapat 13 penyebab nyeri di bagian dada tersebut dan untuk penjelasannya adalah sebagai berikut:

Gejala serangan jantung

Serangan jantung terjadi di saat adanya penyumbatan pada salah satu arteri atau lebih yang memasok darah ke area jantung sehingga hal ini mengakibatkan kematian sel otot jantung walaupun mirip dengan nyeri dada Angina, akan tetapi serangan jantung biasanya lebih parah di mana dada akan terasa nyeri di bagian tengah ataupun bagian kiri dan selanjutnya rasa nyeri tidak hilang walau sudah beristirahat dan juga para penderitanya bisa mengalami mual sesak napas terasa lemah sambil mengeluarkan keringat dingin dan denyut nadi cepat atau tidak teratur.

Angina

Angina bisa terjadi disaat suplai darah yang mengalir ke area otot jantung berkurang dan hal ini menjadi penyebab dada terasa nyeri dan terasa tertekan dan mirip seperti jantung yang terjepit dan para penderitanya bisa merasakan nyeri di area lain di bagian atas tubuh dan akan merasakan pusing dimana untuk Angina tidak menimbulkan kerusakan permanen di jaringan jantung dan biasanya dapat hilang setelah melakukan istirahat penuh.

Miokarditis

Miokarditis dapat terjadi akibat adanya peradangan otot jantung yang biasanya diakibatkan oleh infeksi virus dan miokarditis bisa mengakibatkan nyeri di bagian dada akan tetapi masih ringan dengan sensasi seperti ditekan.

Perikarditis

Perikarditis biasanya terjadi di saat kantong tipis yang mengelilingi area jantung alami peradangan yang diakibatkan infeksi virus maupun bakteri dan kondisi tersebut biasanya akan membuat penderitanya mengalami sesak dan nyeri di bagian dada terutama di bagian tengah ataupun kiri dan bisa meradang ke bagian punggung. Ketika merasakan perikarditis para penderita pun akan sulit untuk bernapas, sulit untuk menelan makanan dan dan sulit untuk berbaring.

Prolaps katup mitral

Selanjutnya untuk penyebab nyeri dada yaitu prolaps katup mitral di mana kondisi tersebut yaitu ketika jantung gagal menutup dengan benar sehingga menjadi penyebab dada terasa nyeri dan selanjutnya jantung berdebar dan akan merasakan pusing.

Emboli paru

Emboli paru adalah gumpalan darah yang masuk ke dalam Arteri pada salah satu paru-paru di mana rasa nyeri dan juga sesak di bagian dada akibat emboli paru biasa muncul dengan bertahap yang mirip dengan serangan jantung dan kondisi tersebut akan terasa makin parah disaat orang yang sakit tersebut melakukan aktivitas fisik.

Pneumonia

Pneumonia merupakan abses paru-paru yang bisa menjadi penyebab dada terasa nyeri yang sangat tajam dan menusuk Terutama ketika seseorang menarik nafas dan biasanya kondisi tersebut adalah komplikasi dari flu atau infeksi pernapasan yang lain dan akan merasakan demam, kedinginan sampai batuk berdahak.

Priorities

Kondisi ini adalah radang selaput dada yang terjadi di saat lapisan paru dan juga dada mengalami peradangan atau iritasi dan hal ini pun bisa mengakibatkan para penderitanya merasakan nyeri di bagian dada yang tajam ketika mereka bernapas batuk dan bersin.

GERD

Selanjutnya penyebab rasa nyeri di bagian dada adalah GERD atau au asam lambung naik dan biasanya hal ini disebut dengan heartburn dikarenakan para penderitanya selain nyeri dada akan tetapi merasakan sensasi terbakar yang sangat fatal dan biasanya akan terasa lebih nyeri ketika penderita berbaring.

Tukak lambung

Tukak lambung adalah luka di bagian dalam lambung yang terjadi karena adanya infeksi virus dan bakteri atau juga terjadi akibat pengikisan asam lambung dan kondisi ini biasanya terjadi pada para perokok, mereka yang suka minuman beralkohol atau yang suka mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit di mana mereka akan merasakan nyeri dada yang sangat sakit, merasakan nyeri di bagian lambung dan biasanya akan mengakibatkan perut terasa penuh kembung tinja berdarah sampai hilang nafsu makan.

Selain 10 hal di atas yang menjadi penyebab nyeri dada, ada beberapa penyebab lain diantaranya adalah ketegangan otot dada, cedera atau patah tulang rusuk, serangan kecemasan atau serangan panik.

Related posts

Cara Jitu Mencegah Virus Corona di Tempat Kerja

Riska Novayanti

Berbagai Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh Kamu!

Riska Novayanti

Manfaat Khasiat Buah Murbei Untuk Kesehatan

Riska Novayanti

Berikan komentar