Perawatan & Kecantikan

Cara Mengobati Kulit Kepala Gatal Yang Mengganggu

Itchy Scalp-IGtheshadesofautumn
Itchy Scalp-IGtheshadesofautumn

NOVAYANTI.COM – Cara Mengobati Kulit Kepala Gatal Yang Mengganggu Keluhan yang disebabkan karena kulit kepala gatal itu benar-benar menjengkelkan dan membuat rasa tak nyaman. Banyak orang mungkin memiliki pikiran jika kulit kepala yang terasa gatal tersebut diakibatkan karena hal sepele, contohnya ketombe. Namun fakta di balik itu semua ternyata ada penyebab lain yang bersifat serius, dan akan menimbulkan efek yang cukup fatal di baliknya.

Apabila Anda menggaruk kulit kepala terus menerus karena rasa gatal yang ditimbulkan tersebut maka itu akan berakhir menjadi masalah yang cukup serius, jadi melebihi masalah ketombe. Hingga sekarang ini cukup banyak masalah medis penyebab kulit menjadi terasa gatal, tak hanya ketombe saja, bahkan kurap hingga infeksi bakteri, penyakit autoimun juga. Jadi sekarang Anda sudah mengetahui bahwa masalah kulit kepala gatal bisa jadi bukan masalah yang cukup sepele, dan harus ditangani sebaik mungkin dan seserius mungkin.

Penyebab dan Solusi Mengobati Kulit Kepala Gatal

Dermatitis Seboroik

Yang ini adalah kondisi paling umum penyebab kulit kepala terasa gatal. Di mana respon inflamasi tubuh ke pertumbuhan jamur berlebihan, mengakibatkan rasa gatal, juga terjadi pengelupasan kulit kepala yang bersisik. Untuk normalnya, jamur itu hidup di kulit kepala seseorang, juga di daerah berbulu yang lain pada tubuh manusia, tetapi ketika jumlah jamur tersebut sudah semakin berlebihan, karena pertumbuhan yang tak terkontrol, masalah di kulit pun akan muncul, itu termasuk juga masalah di kulit kepala Anda. Tentu Anda penasaran bagaimana cara mengatasi masalah jamur di kulit kepala ini?

Cara mengatasi gangguan jamur pada kulit kepala yang menyebabkan rasa gatal tak tertahankan adalah dengan memilih shampoo khusus. Anda harus memilih shampoo yang memakai bahan selenium, dikenal juga dengan seng pyrithione, di mana Anda dapat menemukan shampoo dengan kandungan ini di pasaran. Contohnya adalah shampoo Selsun. Pada beberapa kasus yang sifatnya lebih serius, selain shampoo dengan kandungan khusus tersebut, Anda perlu menggunakan shampoo anti jamur, namun shampoo anti jamur tersebut merupakan shampoo yang diresepkan oleh seorang dokter, bukan shampoo yang umum dijual di pasaran – Plus kortison topikal, tergantung keputusan dokter hendak menggunakan tambahan obat anti jamur apa lagi.

Gatal pada kulit kepala karena reaksi alergi

Selain jamur, gatal di kulit kepala juga bisa disebabkan oleh reaksi alergi pada tubuh akan sesuatu. Ini khususnya sering terjadi pada wanita atau pria yang memiliki hobi mewarnai rambut mereka. Seperti yang Anda ketahui, pewarna rambut dapat memberikan pengaruh ke kulit kepala, karena menggunakan bahan-bahan kimia tertentu. Beberapa kulit kepala ada yang tidak tahan terhadap penggunaan pewarna rambut, dan menimbulkan reaksi alergi, serta penolakan. Karena itu gejala yang ditimbulkan adalah rasa gatal tak tertahankan, selain itu juga akan muncul kemerah-merahan di kulit kepala karenanya.

Cara mengatasi reaksi alergi tersebut tidak ada, Anda cukup berhenti mewarnai rambut lagi. Hindari bahan-bahan yang membuat kulit kepala Anda menjadi alergi. Dengan menghindari pencetus alergi, maka seiring waktu, alergi akan mereda dengan sendirinya, tidak perlu campur tangan apapun dari pihak Anda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk bisa mengidentifikasi serta menghindari pemakaian bahan kimia yang menjadi faktor penyebab alergi itu, baik sekarang maupun ke depannya.

Jika memang Anda tidak mengetahui apa yang menjadi penyebab rasa gatal pada kulit kepala, dan rasa gatal tersebut tak kunjung sembuh juga. Maka Anda disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter kulit/ dokter kecantikan.

Related posts

Tip Kecantikan Kulit Muka Yang Sepele Namun Efektif

Riska Novayanti

Cara Memilih Produk Perawatan Wajah Yang Bagus

Riska Novayanti

Ingin Tampil Cantik? Yuk Ketahui Tips Kecantikan Dan Kesehatan Berikut Ini!

Riska Novayanti

Berikan komentar