proses melahirkan secara normal

5 Cara Mempersiapkan Proses Melahirkan Secara Normal – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa hal yang diharapkan dapat membantu meringankan beban psikis yang setiap kali dialami oleh ibu-ibu hamil sebelum persalinan. Beban psikis umumnya karena takut, cemas, dan khawatir. Apalagi jika baru pertama kali melalui proses persalinan. Hal yang perlu diketahui bahwasanya agar persalinan bisa dilakukan dengan normal, penting untuk mengatasi semua beban psikis yang ada dan membangun pikiran yang positif dalam diri. Kemudian lakukan tips-tips tentang Cara Mempersiapkan Proses Melahirkan Secara Normal berikut ini.

Perlunya Selalu Aktif Menggerakkan Badan

aktif menggerakkan badan saat hamilOrang tua selalu rewel menyuruh untuk aktif bergerak ketika anda hamil. Mengapa demikian, karena dengan bergerak, maka akan membuat janin mudah menuju ke bagian jalan lahir. Janin yang ada di dalam kandungan anda akan terdorong dengan normal menuju jalan lahir. Bahkan dengan anda semakin aktif bergerak ketika akan menghadapi proses persalinan, membuat posisi janin OFP singkatan dari Optimal Fetal Positioning. Tentu saja posisi dari wajah janin harus menuju ke pantat dengan posisi kepala tepat di jalan lahir. Sehingga proses persalinan anda pun akan mudah, cepat, dan lancar.

Perlunya Perbanyak Pengetahuan Mengenai Kehamilan Dan Proses Persalinan

membaca tentang proses melahirkan secara normal

Kebanyakan ibu hamil yang merasa takut dengan proses persalinan karena minimnya pengetahuan terkait kehamilan dan persalinan. Oleh karenanya, sebaiknya anda aktif untuk memperbanyak pengetahuan mengenai kehamilan yang sehat. Termasuk seperti apa proses persalinan yang mudah, cepat, dan lancar itu. Anda bisa memperoleh informasi dengan membaca, konsultasi langsung ke bidan, sehingga membuat kondisi anda jauh lebih tenang dibanding sebelumnya. Dengan anda tahu seperti apa kehmailan sehat itu dan proses persalinan yang ada, maka akan menjadikan bagian panggul mengendur serta otot tubuh rileks. Ini akan membuat anda melakukan kontraksi dengan mudah saat proses persalinan tiba.

Perlunya Merasa Nyaman Saat Tiba Di Rumah Sakit

dokter kehamilanTerkadang ketika sudah siap menghadapi proses persalinan di rumah, kemudian menjadi kembali takut setelah tiba di rumah sakit bersalin. Kondisikan bahwa anda merasa nyaman di rumah sakit sebelum proses persalinan tiba. Yaitu, dengan berjalan-jalan mengitari rumah sakit. Sehingga membuat anda semakin terbiasa dan nyaman dengan kondisi rumah sakit yang sempat mengganggu pikiran tersebut. Saat menjelang proses persalinan, seringkali bidan akan menyarankan anda untuk banyak berjalan-jalan. Tujuannya juga untuk mempercepat proses pembukaan. Selain itu juga akan memberikan rasa nyaman pada ibu hamil sehingga membuat proses persalinan nantinya dapat berjalan lancar.

[penci_related_posts dis_pview=”no” dis_pdate=”no” title=”Baca Juga” background=”” border=”” thumbright=”no” number=”4″ style=”list” align=”none” withids=”” displayby=”cat” orderby=”rand”]

Perlu Belajar Teknik Pernapasan Sebelum Proses Persalinan Tiba

belajar pernafasan saat kehamilan

Biasanya anda akan diajarkan mengenai teknik pernapasan sebelum proses persalinan tiba. Jika tidak, maka mintalah pada bidan yang menangani proses persalinan anda. Teknik persalinan adalah tips menghadapi proses persalinan supaya mudah, cepat, dan lancar yang penting pastikan anda selalu rileks saat melakukan teknik pernapasan begitu juga pada saat proses persalinan tiba.

Perlu Mengkonsumsi Makanan Dan Minuman Sehat Sebelum Proses Persalinan

makanan sehat ibu hamil

Sedapat mungkin anda sudah mencukupi asupan gizi sebelum proses persalinan tiba. anda harus kenyang dengan makanan sehat. Begitu juga cukupi kebutuhan cairan melalui minuman. Sebab ketika proses persalinan berlangsung, anda akan banyak memerlukan tenaga.

Demikianlah tadi ulasan kita pada kesempatan kali ini,  beberapa tips dan Cara Mempersiapkan Proses Melahirkan Secara Normal yang diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda yang sedang dalam masa kehamilan dalam menghadapai persalinan nantinya.