efek samping daun kelor

Saat ini kolesterol menjadi salah satu penyebab terjadinya stroke dan serangan jantung. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit jantung sendiri merupakan penyakit yang paling berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Untuk itu kolesterol yang tinggi tidak bisa diremehkan.

Kolesterol sendiri merupakan jenis zat lemak yang berada pada aliran darah, sebenarnya kolesterol adalah zat lemak yang memang dibutuhkan oleh tubuh, hal ini karena zat lemak tersebut dapat membuat organ-organ pada tubuh bisa berfungsi dengan baik.

Akan tetapi jumlah zat lemak yang berlebihan bisa mengakibatkan sebaliknya, bahkan bisa menjadi akar penyebab dari penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung. Maka dari itu, kamu wajib untuk menjaga kolesterol mu agar tetap stabil.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kolesterol kamu, salah satunya yakni dengan cara mengolah daun kelor untuk kolesterol.

daun-kelor

Mengapa harus daun kelor ?

Sudah menjadi rahasia umum jikalau daun kelor memiliki bayak khasiat yang berguna untuk kesehatan manusia, salah satunya ialah untuk menjaga kadar kolesterol pada tubuh.

Cara mengolah daun kelor untuk kolesterol juga tidak terlalu sulit, bahkan bisa dibilang sangat mudah, dan bisa dilakukan di rumah kamu.

Daun yang memiliki nama Latin Moringa Oliefera ini mengandung banyak sekali gizi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu daun kelor bisa dibilang sangat ampuh untuk mengatasi kolesterol yang berlebih pada tubuh manusia.

Kandungan gizi yang terdapat pada daun kelor per 100gram nya sangat banyak, antara lain ; 94% kadar air, 22% protein, 4,6% lemak, 51% karbohidrat, 7,9% serat, 350 -550mg kalsium, 92kal energy, 259mg potassium, 70mg fosfor, 7mg zat besi, 0,16mg Zink, 6,78mg B-Karoten, 0,06mg Vitamin B1, dan 0,05mg Vitamin B2

Kandungan gizi tersebut lah yang membuat daun kelor mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Selain baik untuk mengatasi kolesterol, daun kelor juga bermanfaat untuk menyehatkan kulit, mencegah kanker, mencegah diabetes, menyehatkan mata, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Lalu, Bagaimana cara mengolah daun kelor yang tepat untuk mengatasi Kolesterol ?

Seperti yang disampaikan di atas, bahwa cara mengolah daun kelor tidaklah sulit, dan tentunya mudah sekali untuk dilakukan di rumah secara mandiri. Berikut ini beberapa cara mengolah daun kelor yang tepat untuk mengatasi kolesterol :

  1. Merebus daun kelor

Cara yang satu ini terbilang sangat gampang, kamu hanya perlu menyiapkan seikat daun kelor yang sudah dicuci bersih, lalu direbus dengan air sebanyak 550 ml. kemudian dimasak dengan api sedang, setelah itu ditunggu hingga air mendidih dan menyusut hingga menjadi setakaran gelas.

Kamu hanya perlu menunggu hingga air rebusan tersebut menjadi hangat, dan air rebusan daun kelor siap untuk dinikmati. Sekedar informasi, bahwa daun kelor hanya bisa digunakan untuk satu kali rebusan saja, dan tidak bisa untuk direbus berkali-kali.

  1. Teh daun kelor

Cara yang selanjutnya ialah dengan mengolah daun kelor menjadi teh. Cara yang satu ini terbilang sedikit rumit dibandingkan cara yang sebelumnya.

teh-daun-kelor

Adapun langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengolah daun kelor menjadi teh adalah sebagai berikut :

  • Siapkan 3-4 batang daun kelor yang sudah tua dan berwarna hijau yang sudah dibersihkan
  • Keringkan daun kelor selama kurang lebih 3hari (usahakan untuk tidak mengeringkan di bawah sinar matahari langsung)
  • Hancurkan daun kelor yang sudah kering dengan menggunakan saringan
  • Sangrai daun kelor tersebut pada api sedang selama kurang lebih 3-5 menit
  • Lalu pindahkan ke dalam wadah yang bersih.
  • Untuk mengkonsumsinya, kamu hanya perlu menyeduh daun kelor tersebut dengan air panas. Teh siap untuk dinikmati.

[penci_related_posts dis_pview=”no” dis_pdate=”no” title=”Cara mengolah daun kelor lainnya” background=”” border=”” thumbright=”no” number=”9″ style=”list” align=”none” withids=”” displayby=”tag” orderby=”rand”]

Cara mengolah daun kelor untuk kolesterol di atas bisa sangat berguna untuk meningkatkan kesehatanmu dan keluarga. Selamat mencoba.