Kesehatan

Manfaat cuka apel untuk wajah berjerawat yang tidak mau kamu lewatkan

manfaat cuka apel

Cuka apel buat wajah? Banyak orang yang meragukan hal ini, mereka tidak yakin akan keamanan dari memakai cuka apel di wajah. Walau belum ada pembuktian klinis, tapi mari kita bahas lebih lanjut soal manfaat cuka apel untuk wajah berjerawat.

Asal usul cuka apel

Darimana sih asal muasal cuka apel itu? Pertanyaan ini sering ditanyakan banyak orang. Cuka apel pertama kali tercatat di sejarah adalah sejak 5.000 SM di masyarakat Babilonia, sementara rekor tersurat pertama kalinya adalah 1.200 SM di Cina.

Sementara itu Bapak Pengobatan dari Yunani, Hippocrates, merekomendasikan pemakaian cuka apel campur gula buat mengobati berbagai macam penyakit diantaranya demam dan batuk.

Kandungan cuka apel

Apa saja kandungan di dalam cuka apel? Cuka apel sendiri merupakan hasil fermentasi buah apel yang dihancurkan. Kandungan yang ada di dalamnya antara lain vitamin B1, B2, B6, dan C, asam folat, niacin, asam pantotenat, dan biotin. Selain itu cuka juga mengandung asam sitrun dan asam asetat.

Berbagai cara pemakaian cuka apel

Khasiat cuka apel buat wajah sudah mulai dikenal banyak orang, jadi mulai banyak bermunculan produk kecantikan yang bisa ditiru, antara lain dipakai untuk masker wajah, toner wajah, garamĀ  mandi, mengatasi gigitan serangga, dan pereda kulit yang terbakar sinar matahari. Akan tetapi yang paling terpenting adalah dipakai untuk dijadikan sebagai obat jerawat.

Manfaat cuka apel

Cuka apel berkhasiat buat banyak hal terutama buat kesehatan, antara lain turunkan kadar gula darah dan berat badan, serta kurangi risiko terkena penyakit kanker. Selain itu cuka apel juga punya manfaat lain lho, terutama buat kulit wajah. Nah, biar lebih jelas, mari bahas satu per satu manfaat cuka apel untuk wajah berjerawat.

cuka apel untuk wajah

  • Bantu atasi wajah berminyak

Muka kamu berminyak? Biasanya sering jerawatan tuh. Makanya biar tidak muncul jerawat, pakai cuka apel buat kurangi minyak di wajah.

  • Buat bunuh bakteri penyebab jerawat

Cuka dikenal dengan khasiatnya membunuh virus dan bakteri, termasuk cuka apel. Studi membuktikan bakteri penyebab jerawat, yaitu Propionibacterium acnes atau P. Acnes, bisa dibunuh dengan kandungan asam di dalam cuka apel.

Di studi itu ada 22 orang yang oleskan lotion asam lactic di wajah dua kali sehari selama setahun. Banyak dari mereka jerawatnya berkurang dan Cuma dua orang yang jumlah jerawatnya berkurang 50 persen.

  • Buat cegah luka bekas jerawat

Wajah kamu banyak luka bekas jerawat? Oleskan cuka apel buat menyamarkannya. Sama seperti peeling, bekas jerawat akan dihilangkan dengan cara mempercepat regenerasi kulit. Peeling dengan memakai asam succinic sudah terbukti mencegah peradangan gara-gara bakteri P. acnes.

  • Buat hilangkan jerawat

Kamu mau hilangkan jerawat pakai cuka apel? Bisa kok, tapi biar aman buat kulit campur dulu dengan air ya.

Begini cara penggunaannya

  1. Campur cuka apel dan air. Tapi hati-hati ya, perbandingan takarannya 1:3, kalau kulit kamu termasuk sensitive, lebihkan airnya.
  2. Cuci muka dengan sabun muka kamu, lalu keringkan.
  3. Oleskan cuka apel ke jerawat pakai kapas.
  4. Diamkan 5-20 menit, lalu basuh wajah pakai air dan keringkan.
  5. Ulangi sebanyak 1-2 kali sehari biar efektif.

Nah, sudah baca artikelnya kan? Sudah tahu manfaat cuka apel untuk wajah berjerawat ya. Jadi buat kamu yang berjerawat, jangan kuatir, atasi saja dengan cuka apel.

 

Related posts

Kandungan dan Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Riska Novayanti

Manfaat minyak zaitun untuk wajah pada malam hari

Riska Novayanti

Manfaat Tamanu Oil Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Riska Novayanti

Berikan komentar