Perkembangan Anak

Lika liku Perkembangan anak usia 4 tahun

anak-6

Hari-hari kamu pasti dipenuhi dengan keseruan , energi, serta kebahagiaan ya kalau punya anak usia 4 tahun. Tapi biar anak kamu tumbuh sehat dan cerdas, kamu mesti tahu dulu seperti apa perkembangan anak usia 4 tahun.

Anak usia 4 tahun sudah bisa diajarkan buat mengancing kemeja dan mengikat tali sepatunya sendiri. Tapi jangan terlalu memaksa anak kamu ya, kalau tidak dia bisa frustasi. Soalnya usianya yang masih belia cenderung mudah merasa frustasi.

Kamu juga mesti selalu damping anak kamu saat lakukan rutinitas keseharian lainnya, seperti menyisir rambut, menyikat gigi, ataupun mandi.

Kepercayaan diri anak di usia ini juga sudah mulai terbentuk, tidak jarang dia akan bersikeras lakukan sendiri hal yang bisa dilakukan tanpa bantuan orang lain. Dia akan tegas menolak kalau ada yang mau membantunya.

Jadi ini saat tepat buat mengajarkan kemandirian sejak dini, biasakan dan dukung anak buat mandiri lakukan segala sesuatu yang mampu dilakukan sendiri.

Kamu juga bisa melatih anak kamu buat utarakan pendapat dan pilihan yang dia mau. Misalnya tanyakan pakaian yang mau dia kenakan, permainan apa yang mau dimainkan, atau pendapatnya kalau mau tawarkan makanan tertentu buat dimakan.

Anak juga sudah mulai paham akan konsep waktu, seperti membedakan malam dan pagi, serta hari ini dan besok.

Terapkan rutinitas keseharian yang konsisten, seperti makan malam pukul 19.00 setelah itu membaca buku cerita atau dongeng Bersama lalu diikuti dengan aktivitas tidur.

Jangan biasakan beri cemilan manis dan sarat gula ke anak kamu, tetapi berikan cemilan yang sehat dan bernutrisi yang baik buat kesehatannya.

Perkembangan kemampuan motorik

Kalau anak kamu sudah menginjak usia 4 tahun umumnya sudah bisa menendang, melempar, dan menangkap bola, menuangkan minuman, tentu masih dengan bantuan kamu ya. Selain itu juga bisa naik turun tangga tanpa butuh bantuan kamu, melompat, serta berdiri dengan satu kaki, walau tidak lama.

Kamu juga bisa mulai mengajarkan anak kamu buat menggambar lingkaran, garis lurus atau persegi atau kerajinan tangan dari kertas, lem, dan gunting, selain mengasah kemampuan motoriknya, kamu juga melatih kemampuan seninya.

Perkembangan kemampuan komunikasi

Di usia 4 tahun, kemampuan komunikasi anak juga semakin meningkat. Dia sudah bisa menjawab pertanyaan sederhana, berbicara 4-5 kalimat dengan lumayan jelas, bernyanyi, menyebutkan nama lengkapnya, menceritakan sesuatu.

Anak juga bisa mengingat tiga perintah dalam satu saat, misalnya kamu bisa meminta dia pakai pakaian, sepatu, dan bawa mainannya di saat bersamaan.

Perkembangan kemampuan sosial

Anak usia ini juga sudah lebih suka bermain dengan teman-teman sebayanya, tidak seperti yang sebelumnya dimana dia lebih suka bermain sendiri.

Dia juga sudah mulai bisa bekerja sama dengan anak lain, sudah mengenal konsep pertemanan dan kerjasama.

Apabila anak kamu bertengkar dengan anak lain, coba biarkan mereka menyelesaikannya sendiri, namun tetap dalam pengawasan orang dewasa ya.

Saatnya juga buat mengajarkannya minta maaf kalau dia berbuat salah ke orang lain atau teman-teman sebayanya. Ini penting diajarkan sejak kecil biar terbiasa ke depannya.

Di usia 4 tahun ini, sudah saatnya buat kamu memperkenalkan bagian tubuh mana yang tidak boleh diperlihatkan ke orang lain atau juga disentuh oleh orang lain.

Perkembangan anak usia 4 tahun cenderung dianggap sebagai masa-masa golden age, jadi hargai semua perkembangannya dan terus damping anak kamu.

Related posts

Daftar Makanan Bekal Anak TK Selain Nasi

Riska Novayanti

Tips Memilih Baby Sitter Untuk Buah Hati

Riska Novayanti

Penyebab Anak Kurus dan Solusi Mengatasi Yang Jarang Diketahui

Riska Novayanti

Berikan komentar