Perkembangan Anak

Tips agar perkembangan anak usia 1 tahun bisa maksimal

bayi-ultah

Anak usia 1 tahun biasanya sudah mulai bisa berbicara dan berjalan, jadi pasti seru meluangkan waktu bersamanya. Kamu pasti mau anak kamu tumbuh sehat dan bahagia kan? Nah, di sini kamu bisa melihat beberapa tips agar perkembangan anak usia 1 tahun kamu bisa maksimal.

Beberapa tips itu diantaranya  berisi pola makan yang sehat dan bergizi, frekuensi makan yang tepat dalam sehari, pola tidur yang baik, serta ada juga ragam permainan yang bisa kamu lakukan bersama anak.

Mengatur pola makan yang sehat dan bernutrisi

Biar perkembangan anak usia 1 tahun bisa maksimal, tentu kamu mesti memberikan makanan yang bukan hanya lezat ya, namun mesti sehat dan bergizi juga lho.

Walau menu makanannya sudah bisa disamakan dengan menu orang dewasa, tapi tetap perlu dicincang atau disaring kasar ya. Selain tekstur makanannya, kamu juga mesti menyesuaikan rasa makanannya dengan kondisi pencernaan anak kamu. Soalnya pencernaan anak tentunya masih belum seperti pencernaan orang dewasa.

Kamu bisa memberi makan anak kamu hingga 3-4 kali dalam sehari, tapi perhatikan juga porsi makanannya ya. Berikan sekitar ¾ sampai 1 mangkuk dalam sekali makan.

Kandungan kalori masing-masing anak berbeda juga lho, tergantung berat badan dan level aktivitas di kesehariannya, namun rata-rata sekitar 1000 kalori dalam sehari.

Kamu bisa membagi kebutuhan 1000 kalori itu dengan variasi makanan, seperti 2 gelas buah dan sayuran. 2 gelas susu, 2 ons daging, 1 potong roti atau 1 cangkir sereal. Jangan lupa atur pola makannya, seperti 3 kali makan berat dan 2 kali cemilan. Kamu juga bisa memberikan madu juga buat menambah asupan gizinya.

bayi-4

Mengatur pola tidur anak

Kualitas tidur yang baik penting lho buat perkembangan anak usia 1 tahun, soalnya 75% hormon pertumbuhan dihasilkan saat tidur. Tugas hormon ini antara lain mengatur metabolisme tubuh dan merangsang pertumbuhan jaringan dan tulang, serta membantu perbaikan sel yang rusak lebih cepat.

Anak usia 1 tahun dalam sehari membutuhkan tidur sekitar 13 jam 45 menit. Kamu bisa membaginya dengan waktu tidur malam dan tidur siang. Tentu perbanyak waktu tidur malamnya ya.

Melakukan berbagai permainan buat merangsang perkembangan

Kamu juga bisa lakukan berbagai permainan buat merangsang perkembangan anak kamu. Berikut beberapa permainan yang bisa kamu lakukan buat luangkan waktu berkualitas sama anak kamu.

  • Bermain telepon-teleponan

Anak kamu pasti sudah mulai bisa ucapkan beberapa kata, bukan? Nah, buat merangsang perkembangan bahasa, dan juga mengajarkan cara berkomunikasi yang baik dan tepat saat bersosialisasi kamu bisa lakukan permainan ini. Dengan begitu, anak bisa belajar semua itu dengan cara yang seru dan menyenangkan.

Kamu cuma butuh mainan telepon buat anak kamu dan ponsel buat kamu. Berikan mainan telepon ke anak kamu lalu kamu berpura-pura melakukan panggilan ke anak kamu dengan ponsel kamu. Lalu mulailah percakapan dengan anak kamu, kamu bisa mengeluarkan suara lucu buat menarik minat anak kamu agar mau terdorong bicara.

bayi-17

  • Bermain “Go and Get

Permainan ini populer di keluarga terutama di luar sana. Banyak aspek perkembangan yang bisa dicapai saat melakukan permainan seru dan unik ini. Diantaranya membantunya melatih kemampuan berbahasa, kemampuan mengingat nama benda, serta memahami arah. Selain itu juga membantu kemampuan motoriknya, soalnya anak kamu akan berjalan ke arah benda yang dimaksud.

Kamu cuma butuh bola plastik atau mainan atau benda-benda aman lain. Cari tempat yang agak luas, terkendali, serta pastinya aman. Letakkan berbagai benda yang sudah kamu siapkan, seperti bola plastik, mainan, atau lainnya secara acak ke sekeliling. Duduk kan anak kamu di tempat yang agak jauh. Lalu minta tolong anak kamu buat mengambilkan benda yang ada di sekitarnya dengan menyebutkan nama benda yang kamu maksud ya. Jadi pastikan benda-benda yang kamu siapkan sudah lebih dulu dikenal sama anak kamu.

Bagaimana? Sudah dapat gambaran soal tips agar perkembangan anak usia 1 tahun kamu bisa maksimal? Masih banyak tips lainnya yang bisa kamu cari dan ikuti biar pertumbuhan anak kamu semakin maksimal. Selamat mencoba!

Related posts

Lika liku Perkembangan anak usia 4 tahun

Riska Novayanti

Tips Memilih Baby Sitter Untuk Buah Hati

Riska Novayanti

Lika liku Perkembangan anak usia 3 tahun

Riska Novayanti

Berikan komentar