Kesehatan

Manfaat Jahe Untuk Wanita

manfaat jahe untuk wanita

Manfaat Jahe untuk Wanita ini Wajib Kamu Ketahui

Jahe adalah salah satu rempah yang paling banyak dicari akhir-akhir ini. Selain rasanya yang unik yang membuatnya sering dipakai sebagai bahan dasar untuk memasak, di sisi lain jahe juga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan sering dipakai untuk jamu dan minuman kesehatan lainnya. Di artikel ini yang akan dibahas lebih ke manfaat jahe untuk wanita.

Asal Usul Jahe

Asal usul keberadaan jahe sendiri masih misteri bagi kebanyakan orang. Banyak yang memperkirakan jahe berasal dari India, namun tidak sedikit yang memperkirakan jahe berasal dari negeri Tiongkok.

Konon India memperkenalkan jahe sebagai rempah perdagangan ke Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, Timur Tengah, bahkan pada akhirnya jahe terkenal ke Eropa sebagai komoditas populer karena rasa hangat dan pedasnya.

khasiat jahe untuk wanita

Berbagai Jenis Jahe

Jahe sendiri dikenal memiliki tiga jenis, antara lain jahe gajah atau jahe badak yang terkenal di pasaran internasional, jahe kuning yang banyak dipakai sebagai bumbu masakan lokal, dan jahe merah yang memiliki kandungan minyak atsiri tinggi sehingga paling cocok dipakai buat bahan dasar obat dan jamu.

Di artikel ini tidak semua jenis jahe akan dibahas, tapi lebih banyak mengenai jahe merah, karena khasiatnya bagi kesehatan, terutama bagi wanita.

Manfaat Jahe Untuk Wanita

Walaupun jahe mengandung khasiat kesehatan bagi kamu para pria dan juga wanita, namun khusus di artikel ini akan dibahas manfaat jahe untuk wanita pada khususnya. Mengapa? Karena bagi wanita, jahe memiliki manfaat lebih banyak dibanding pria pada umumnya.

jahe untuk wanita

Berikut beberapa manfaat jahe untuk wanita:

  • Jahe dikenal bisa membantu meningkatkan kesuburan bagi wanita

    kesuburan wanita
    Kamu mau cepat hamil? Cobalah konsumsi jahe, karena kandungan L-arginine di jahe bisa membantu melancarkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah lancar bikin darah mengalir hingga ke rahim dan ovarium, dengan demikian pembuahan lebih tinggi kemungkinan terjadinya.

  • Jahe membantu meredakan nyeri haid yang sering diderita wanita

    nyeri haid
    Kamu termasuk yang paling sering menderita nyeri saat haid? Rutinlah mengkonsumsi jahe merah, dengan begitu nyeri yang dirasakan dapat diredakan. Hal ini juga diperkuat dengan penelitian yang dilakukan National Center for Biotechnology (NCBI) yang menyamakan efektivitas jahe merah dengan asam mefenamat atau ibuprofen dalam meredakan nyeri saat haid.

  • Bagi ibu menyusui, jahe merah dikenal bermanfaat merangsang keluarnya ASI

    air susu ibu
    Kamu ibu yang punya bayi yang masih menyusu? Biar ASI lancar, jangan lupa konsumsi saja jahe. Ada tiga komponen keton yang dikandung jahe yang merangsang keluarnya ASI, yaitu 10-dehydro gingerdione, 10-ginger-dione, dan 6-gingerdione. Selain itu buat kamu para ibu menyusui, jahe termasuk aman dikonsumsi, karena dikategorikan sebagai GRAS (Generally Recognized as Safe) oleh US Food and Drug Administration. NCBI juga melakukan penelitian di Thailand yang membuktikan volume ASI lebih tinggi dan lancar serta tanpa efek samping pada ibu menyusui yang mengkonsumsi jahe.

  • Jahe juga berkhasiat mencegah penuaan dini

    mencegah penuaan dini
    Mau awet muda dan kulit selalu kencang? Konsumsi saja jahe, karena jahe mengandung asam klorogenat (chlorogenic acid) yang dapat mencegah penuaan dini. Kandungan lainnya adalah zat gingerol yaitu zat aktif yang membantu regenerasi sel kulit. Selain itu jika mengkonsumsi jahe, tubuh akan menerima sekitar 40 antioksidan yang membantu meratakan warna kulit, mencegah radikal bebas, dan meningkatkan elastisitas kulit.

  • Jahe juga dapat mencegah selulit

    selulit
    Selulit mulai merasa mengganggu? Atau ada kamu-kamu selulit bakal muncul? Jahe bisa membantu mencegahnya. Jahe dikenal sebagai agen detoksifikasi bagi tubuh, dengan membantu melancarkan sirkulasi darah, maka selulit dapat dicegah keberadaannya. Kamu tinggal memarut jahe sebanyak satu sendok makan, lalu campur dengan setengah cup gula dan seperempat cup minyak zaitun lalu oleskan ke kulit yang mulai menunjukkan kamu selulit.

Sudah tahu manfaat jahe untuk wanita? Jadi rajinlah mengkonsumsi jahe agar semua khasiat di atas bisa kamu buktikan dan rasakan. Jangan lupa hidup sehat dan jaga kesehatan selalu.

Related posts

Manfaat Zinc Oxide Untuk Kesehatan Kulit

Riska Novayanti

5 Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Riska Novayanti

Manfaat Daun Mangga Untuk Kesehatan

Riska Novayanti

Berikan komentar