Perawatan & Kecantikan

Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Wanita Berdasarkan Jenisnya !

Kesehatan kulit wajah wanita

Untuk menjaga kesehatan kulit wajah wanita tentunya tidak sulit. Mengingat saat ini ada banyak sekali jenis perawatan wajah yang ada di pasaran. Namun sebelum Anda memilih dan menggunakannya. Ada baiknya jika mengenal jenis kulit diri sendiri, untuk memberikan perawatan yang baik, dengan hasil yang maksimal. Terutama dalam hal memilih produk perawatan wajah.

  1. Kulit wajah normal

Anda yang memiliki jenis kulit wajah yang normal, terbilang beruntung. Mengingat, kulit jenis ini, kandungan air dan minyak di wajah terbilang seimbang. Artinya kulit tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Masalah pada kulit pun terbilang jarang.

Untuk menjaga  kesehatan kulit wajah wanita jenis ini, juga cukup mudah. Cukup menggunakan perawatan wajah khusus untuk kulit normal. Gunakan sabun pembersih wajah yang lembut, dan jangan menggosoknya terlalu kasar.

  1. Kulit wajah kering

Untuk jenis kulit wajah kering, kelembaban lapisan kulit terluarnya kurang. Akibatnya sering terjadi keretakan pada permukaan kulit. Kulit terlihat kasar, kusam, dan tidak elastis. Ada cukup banyak faktor yang dapat menyebabkan kondisi seperti ini, mulai dari faktor genetik, hormon, cuaca, radiasi ultraviolet, sinar matahari, dll.

Untuk perawatan wajah dan tubuh jenis yag satu ini, sebaiknya gunakan pembersih wajah yang lembut, tidak mengandung alkohol, dan wewangian. Selalu gunakan pelembab khusus untuk kulit kering, dengan kandungan bahan yang mampu melembabkan kulit.

  1. Kulit wajah berminyak

Pada jenis wajah berminyak, produksi sebum dari kelenjar minyak, berlebih. Hasilnya kulit wajah, jadi terlihat beminyak. Jenis kulit wajah seperti ini, umumnya mempunyai pori-pori yang besar, memiliki komedo, mudah berjerawat, noda hitam, kulit terlihat berkilau namun terlihat kusam.

Cara merawat kulit jens ini adalah dengan rajin mencuci wajah setidaknya 2 kali dalam sehari, hindari pembersih wajah dengan kandungan detergen. Anda juga dapat menggunakan kertas minyak, untuk mengatasi minyak di wajah, menggunakan produk kosmetik yang noncomedogenic, dan juga yang berbahan dasar air.

  1. Kulit wajah sensitif

Seseorang yang mempunyai jenis kulit sensitif, umumnya peka terhadap salah satu bahan tertentu. Hasilnya kulit akan sering mengalami alergi, iritasi, atau ruam, yang umumnya disebabkan oleh beberapa hal tertentu, baik dari faktor alam, maupun kosmetik yang digunakan.

Untuk merawat jenis kulit seperti ini, sebaknya cari tahu hal yang menyebabkan reaksi alergi. Menggunakan sabun wajah yang lembut, serta membilasnya menggunakan air hangat. Tidak menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung alkohol, asam serta wewangian.

  1. Kulit wajah kombinasi   

Terakhir adalah kulit wajah kombinasi, maksudnya mempunyai karakter kulit berminyak, tepat di bagian zona T (dagu hidung dan dahi), serta mempunyai jenis kulit kering, di daerah pipi.

Untuk merawatnya, sebaiknya gunakan pembersih wajah ringan, dan memberikan pelembab lebih di bagian pipi. Sementara di bagian zona T, dapat menggunakan produk anti jerawat.

Dengan mengenali jenis kulit seperti yang dijelaskan di atas, tentunya kesehatan kulit wajah wanita atau juga pria dapat dijaga dengan mudah dan maksimal, dengan memilih produk yang tepat.

Related posts

Ikuti Cara Perawatan Wajah Secara Alami Untuk Tampilan Awet Muda

Riska Novayanti

Jenis Makanan Tinggi Kalori Agar Berat Badan Cepat Naik

Riska Novayanti

Cara Perawatan Kulit Wajah Yang Mudah Dan Tidak Merepotkan

Riska Novayanti

Berikan komentar