Kesehatan

Tiga Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Darah Tinggi!

cara mengolah daun kelor untuk darah tinggi

Daun kelor? Pasti sudah pernah dengar kan khasiatnya? Tanaman yang nama lainnya Moringa oleifera ini dikenal memiliki berbagai khasiat lho. Banyak yang mesti kamu ketahui tentang tanaman ini termasuk cara mengolah daun kelor untuk darah tinggi.

Seperti yang kamu tahu tekanan darah yang tinggi dapat memicu serangan jantung, karena tugas arteri adalah membawa oksigen di darah ke otot jantung. Sehingga kalau jantung tidak dapat cukup oksigen, aliran darah tersumbat, maka bisa serangan jantung.

cara mengolah daun kelor untuk asam urat

Kandungan Daun Kelor

Pasti kamu mau tahu kan apa saja kandungan di dalam daun kelor hingga bisa dikatakan bermanfaat buat atasi darah tinggi?

Nah, salah satu kandungannya adalah zat thiocarbamate glikosida, glikosida minyak mustard, dan nitrile. Ketiga kandungan tersebut bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi kamu.

Selain itu juga terdapat kandungan arginine yang merupakan asam amino yang berfungsi menyeimbangkan tekanan darah.

Kandungan kalsium juga membantu otot polos dan kontraksi relaksasi, serta kalium yang dapat melebarkan pembuluh darah dengan meningkatkan natrium dalam urin.

Kandungan magnesium bersama vitamin E serta seng di dalam daun kelor juga sangat penting buat penderita hipertensi karena mampu mengurangi tekanan darah.

Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Teh

Salah satu cara mengolah daun kelor untuk darah tinggi adalah dengan mengolahnya menjadi teh.

Tapi bagaimana caranya?

Gampang kok, kamu tinggal sediakan daun kelor kering, gelas 250 ml, air panas, serta madu.

Cari daun kelornya yang masih muda dan segar ya, biasanya ada di dekat pucuk dan warnanya hijau muda.

Cuci dulu daun kelor hingga bersih biar kotoran-kotoran yang ada tidak tersisa lagi, keringkan dengan meletakkannya di nampan. Ingat jangan jemur langsung terkena sinar matahari ya.

Selanjutnya adalah menumbuk daun kelor yang sudah kering atau bisa juga memblendernya hingga menjadi bubuk halus. Simpan bubuk tersebut di toples dan simpan di tempat sejuk.

Ambil 2 sendok makan bubuk daun kelor lalu masukkan ke gelas 250 ml yang berisi air panas.

Aduk terus sampai airnya berubah warna, dinginkan. Lalu tambahkan sedikit madu biar ada rasanya. Nah, teh sudah siap diminum, ingat, minumnya selagi masih hangat ya.

Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Jus

Cara lainnya adalah dengan mengolahnya menjadi jus.

Kamu cukup sediakan 1 mangkok daun kelor, 1 sendok teh madu, irisan lemon, serta air hangat.

Pertama-tama yang perlu kamu lakukan adalah mencuci daun kelor hingga bersih. Lalu campurkan dengan bahan-bahan lainnya ke blender.

Saring jus daun kelor tersebut setelah halus, biar terpisah dari endapan yang ada.

Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Sayur Bening

Cara mengolah daun kelor untuk darah tinggi lainnya adalah dengan memasaknya menjadi sayur bening.

Cukup mudah lho, kamu cuma mesti siapkan bahan-bahannya, yaitu 1 mangkok daun kelor muda yang segar, 1 buah tomat ukuran sedang yang sudah dipotong-potong, 1 buah jagung manis yang dipotong jadi 3 bagian, 1 buah oyong yang dipotong dadu.

Dan juga siapkan bumbu-bumbunya, yaitu 1 cm temu kunci yang sudah dicuci bersih, 4 butir bawang merah yang diiris halus, daun kemangi serta garam.

Setelah itu siapkan panci dan panaskan air. Masukkan oyong dan jagung, masak sampai matang.

Masukkan bumbu dan daun kelor, tomat, serta daun kemangi sampai sekitar 5 menit atau sampai daun kemangi dan daun kelor sedikit layu.

Demikianlah beberapa cara mengolah daun kelor untuk darah tinggi yang penting buat diketahui. Jadi jangan tunggu-tunggu lagi, segera ke pasar dan beli daun kelor buat diolah ya!

Related posts

Berbagai Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut

Riska Novayanti

Kandungan dan Manfaat Keju Cottage Untuk Kesehatan

Riska Novayanti

Manfaat minyak zaitun untuk wajah pada malam hari

Riska Novayanti

Berikan komentar