Perkembangan Anak

Lika liku Perkembangan anak usia 2 tahun yang mesti diketahui

anak-1

Anak kamu sudah usia 2 tahun? Pasti seru yang saksikan perkembangannya dari sejak lahir, bayi hingga sekarang. Banyak memori dan pengalaman menyenangkan pastinya. Sekarang pertanyaannya apa saja sih perkembangan anak usia 2 tahun yang perlu diperhatikan?

Biasanya anak kalau sudah menginjak usia 2 tahun sudah mulai memiliki pemahaman akan ruang, seperti di mana, di bawah, di depan, di samping, di atas, di dalam, dan sebagainya.

Jadi kamu bisa sering mendorongnya buat melatih pemahaman ruang itu, seperti ajak main dengan meletakkan bola di dalam kotak dan tanyakan ke anak kamu dimana bolanya.

Perkembangan anak usia 2 tahun lainnya juga termasuk siap diajarkan toilet training. Kamu sudah mulai bisa mencoba memulai ajarkan sejak usia ini.

Anak juga di usia 2 tahun umumnya sudah bisa berpakaian sendiri tanpa bantuan kamu, jadi dorong anak kamu buat memakai pakaiannya sendiri ya.

Selain itu anak juga sudah mulai mengenali serta mengendalikan emosi yang dia rasakan dan akan menunjukkan emosinya tersebut pada orang lain.

bayi-17

Perkembangan fisik badan bayi

Berat badan ideal anak usia 2 tahun ada di kisaran 10 – 13 kilogram dengan tinggi badan 84 – 89 cm.

Selain kenaikan berat dan tinggi badan, pertumbuhan fisik lainnya yang biasa dialami anak usia 2 tahun adalah lingkar kepala yang semakin membesar dan pertumbuhan 16 gigi pertama.

Perkembangan kemampuan motorik

Keseimbangan merupakan faktor penting yang umumnya sudah dikuasai anak usia 2 tahun, baik itu keseimbangan dalam berdiri, berjalan, bahkan berlari.

Anak sudah bisa berdiri tanpa hilang keseimbangan saat mengambil benda, melempar serta menendang bola.

Kemampuan motoric lain antara lain naik dan turun tangga sendiri walau masih mesti pegangan. Kamu tetap harus awasi dan damping anak kamu ya selama naik turun tangga biar tidak terjatuh.

Selain itu anak di usia 2 tahun juga sudah mulai bisa membaca buku dan membalik halamannya, memutar gagang pintu, serta menyusun balok mainan.

Perkembangan kemampuan komunikasi

Anak usia 2 tahun biasanya sudah bisa berkomunikasi dengan orang lain, dia dapat memberitahu apa yang diinginkan dan dibutuhkan, seperti kalau dia haus atau lapar, ingin ke toilet, dan lainnya.

Di usia ini juga anak sudah mengenali nama anggota keluarga atau orang yang biasa dekat dengannya di keseharian.

Kosakata yang bisa diingat anak juga sudah semakin beragam hingga 300 kata, dia juga bisa menggabungkan 2 -3 kata.

Anak juga sudah bisa mengenali bagian anggota tubuh serta nama-nama benda di sekitarnya. Jadi kamu bisa membantunya dengan ajak bermain dan tanyakan nama-nama benda atau anggota tubuh lalu minta anak kamu tunjukkan benda atau anggota tubuh yang kamu maksudkan.

Perkembangan kemampuan sosial

Pada usia 2 tahun, anak sudah mulai gemar bermain dengan teman-teman sebayanya. Jadi tidak ada salahnya kamu mulai memperkenalkan anak kamu dengan anak-anak seumuran lainnya, biarkan dia mulai berusaha menjalin pertemanan dengan mereka.

Kamu juga bisa mulai melatih anak biar bisa mandiri dengan melibatkannya ke kegiatan keseharian, seperti menyiram tanaman, mengajak jalan hewan peliharaan, membongkar belanjaan, ataupun sekedar mencuci buah.

Sudah paham pentingnya tahu perkembangan anak usia 2 tahun kan? jadi terus pantau tumbuh kembang anak kamu dan jangan lupa rutin melakukan pemeriksaan ke dokter buat pastikan pertumbuhannya sehat dan Bahagia.

Related posts

Lika liku Perkembangan anak usia 4 tahun

Riska Novayanti

Daftar Makanan Bekal Anak TK Selain Nasi

Riska Novayanti

Lika liku Perkembangan anak usia 5 tahun

Riska Novayanti

Berikan komentar