Kesehatan

100 Khasiat Madu yang Perlu Kalian Ketahui

khasiat madu

Madu termasuk sebagai kategori superfood karena berbagai macam kandungan alami yang dimilikinya mampu memberikan berbagai manfaat. Ada berbagai macam aktifitas kimiawi di dalamnya yang kemudian dimanfaatkan oleh manusia sejak zaman kuno. Selain mengandung gula alami, madu dari berbagai jenis bunga juga mengandung vitamin, mineral dan enzim yang bisa dimanfaatkan untuk terapi kesehatan dan penampilan manusia.

Daftar 100 Manfaat Madu bagi Kehidupan

Tak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia, madu juga bisa dimanfaatkan untuk binatang peliharaan maupun tumbuhan. Tentu saja hal ini bisa terjadi karena berbagai kelebihan yang dimiliki oleh madu itu sendiri.

madu asli murni

Khasiat Madu untuk Pengobatan

Manfaat madu sudah sejak lama digunakan dalam terapi pengobatan pada luka luar maupun dalam, diantaranya;

  1. Penyembuhan luka; Sejumlah aktifitas yang terdapat dalam madu seperti anti-inflamasi, anti-infeksi, kandungan anti-biotik dan sebagainya dapat bekerja untuk membantu penyembuhan luka degandengan cara mengurangi rasa sakit, mencegah infeksi, meningkatkan kinerja sel untuk pemulihan, mengurangi nanah hingga bau tidak sedap di luka. Anda bisa mengoleskan madu ataupun krim dengan kandungan madu di bagian kulit yang mengalami luka seperti luka bakar, lecet, pascaoperasi dan borok.
  2. Peradangan Sinus; madu bisa menjadi media untuk mengekstrak berbagai bahan kimia dalam ramuan untuk mengobati peradangan sinus. Madu digunakan sebagai bahan utama bersama bermacam tanaman herbal dan rempah yang kemudian dibuat sebagai racikan madu dekongestan. Dengan sifat antibakterial yang dimilikinya, madu mentah bisa menjadi solusi untuk masalah radang sinus.
  3. Sakit tenggorokan; radang pada tenggorokan atau bahkan hingga terjadi pembengkakan biasanya dipicu oleh penyakit dan alergi. Keampuhan madu bisa melapisi tenggorokan bersama racikan herbal lainnya yang juga memiliki sifat antibakteri sekaligus penyembuhan. Madu yang ditambahi perasan lemon ataupun thyme bisa menjadi pereda radang alternatif yang cuup efektif.
  4. Batuk; Anda bisa mengonsumsi madu sebelum tidur untuk meredakan batuk sehingga tidur mejnadi lebih optimal. Hal ini karena rasa manis alami yang terdapat pada madu disebut akan merangsang keluarnya air liur dan lendir yang kemudian akan membasahi tenggorokan hingga akhirnya dapat mengurangi intensitas batuk.
  5. Sariawan; sejumlah penelitian menyebutkan bahwa madu dapat mengurangi keparahan sariawan. Tak hanya itu, konsumsi sekitar 20 ml disebut dapat mengatasi masalah penurunan berat badan hingga nyeri ketika menelan karena efek terapi radiasi.
  6. Diare; kaya akan kandungan probiotik, ternyata madu juga bisa menjadi pengobatan alternatif untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare. Dengan terapi yang tepat, madu bisa membantu menekan tingkat keparahan dari diare yang dialami. Madu juga meningkatkan penyerapan kalium dan air dalam tubuh yang sangat penting selama masa diare.
  7. Gigitan serangga dan iritasi kulit; berbagai masalah pada kulit ini dapat diatasi dengan cara mengoleskan madu secara langsung ke jaringan kulit yang luka tersebut. Cukup dengan olesan tipis lalu diamkan sekitar 30 menit kemudian cuci hingga bersih.
  8. Sunburn; kulit yng mengalami iritasi akibat terpapar sinar matahari terlalu lama juga bisa diatasi dengan menggunakan bahan madu. Cukup dengan memadukannya bersama berbagai bahan herbal lain yang telah terbukti misalnya lidah buaya, oatmeal hingga susu.
  9. Insomnia; masalah sulit tidur ternyata jgua bisa diobati menggunakan madu dengan cara meningkatkan kadar insulin dalam darah. Saat kadar insulin meningkat, maka tubuh akan melepas tryptophan yang kemudian menghasilkan serotonin atau hormon relaksasi. Hormon ini akan membuat tubuh merasa lebih nyaman bahkan membuat suasana hati menjadi lebih baik. Anda bisa membuat minuman madu hangat dan dikonsumsi pada malam hari jelang tidur.
  10. Maag; penyakit yang paling umum dialami oleh kebanyakan orang ini biasanya dipicu oleh pola makan yang kurang sehat dan manajemen stress yang kurang baik. Makan yang tidak teratur seringkali membuat kadar asam lambung menjadi tidak normal hingga memicu rasa mual dan perih di lambung. Untuk mengatasi kondisi tersebut, tentu saja diperlukan perbaikan pola makan dibantu dengan rutin mengonsumsi madu murni yang dicampur dengan air hangat di pagi hari setelah bangun tidur.
  11. Asam lambung; ketika kondisi maag semakin akut, mungkin sensasi yang dirasakan akan semakin menyiksa bahkan asam lambung bisa saja naik hingga ke kerongkongan. Madu dapat membantu mengatasi kondisi ini dengan cara melapisi kerongkongan dan mengatasi berbagai peradangan. Madu juga kaya akan kandungan antioksidan yang akan melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas untuk menghindari kerusakan lebih parah akibat gangguan asam lambung.
  12. Sesak nafas; sensasi tercekik sesa nafas ini umumnya disebabkan lantaran kurangnya pasokan oksigen sehingga tidak dapat mengisi permintaan dari paru-paru secara optimal. Penyebabnya pun beragam bisa dari obesitas, olah raga berlebihan atau phobia tertentu. Untuk kondisi sesak nafas seperti ini bisa diobati dengan madu campur jintan hitam halus lalu ditambahkan dengan air hangat kemudian disaring. Dengan mengonsumsi ramuan ini secara teratur 2 kali sehari (pagi malam) dapat menekan sesak nafas. Namun ingat terapi ini mungkin tidak efektif untuk sesak nafas lantaran penyakit tertentu misalnya sakit jantung, paru-paru dan sebagainya yang membutuhkan penanganan spesifik.
  13. Nyeri sendi; artrithis ini biasanya disebabkan oleh kadar asam urat berlebihan yang ternyata bisa bantu dikendalikan menggunakan madu hitam. Keampuhan madu lainnya memiliki sifat detox dengan cara menetralkan zat purin, penyebab utama dari asam urat. Madu hitam bekerja dengan cara membuat zat purin tersebut menjadi lebih mudah terurai dalam ginjal.

manfaat madu

Khasiat Madu untuk Pencegahan Penyakit

Selain dapat digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, guna madu juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan, diantaranya;

  1. Mencegah diabetes; zat gula memang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk kemudian dirubah menjadi energi. Namun konsumsi gula berlebih pada akhirnya membawa risiko penyakit diabetes. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengganti gula dengan madu pada makanan dan minuman yang dikosumsi. Hal ini karena madu akan memenuhi kebutuhan gula dengan komposisi fruktosa dan glukosa. Dengan begitu, kadar gular darah akan menjadi lebih terkendali.
  2. Mencegah kanker; senyawa phytonutrients yang dimiliki tanaman digunakan untuk melindungi mereka dari kerusakan yang disebabkan oleh serangga maupun paparan radiasi sinar ultraviolet. Nah, senyawa ini kemudian juga ditemukan dalam madu yang kemudian membuatnya memiliki kemampuan anti-oksidan, anti-bakteri dan anti-fungi. Kemampuan inilah yang kemudian mendasari bahwa madu mentah efektif untuk meningkatkan imun tubuh dan mencegah kanker.
  3. Mencegah stroke; Low Density Lipoprotein (LDL) atau sering disebut sebagai kolesterol jahat adalah musuh utama kesehatan jantung serta pembuluh darah karena ia dapat menyumbat pembuluh vena dan pembuluh arteri. Penyumbatan inilah yang kemudian meningkatkan risiko penyakit jantung serta stroke. Senyawa anti-oksidan dalam madu memiliki peran dalam menekan tingkat kolesterol dalam tubuh. Madu juga memiliki kandungan zinc dan potassium yang bermanfaat dalam mengatur tekanan darah dan detak jantung. Konsumsi madu secara teratur dan konsisten dapat menekan kadar kolesterol dalam darah.
  4. Mencegah penyakit jantung; selain halnya mampu menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) dalam darah, madu murni ternyata juga dapat meningkatkan kadar kolesterol (HDL) sekaligus meningkatkan NO (nitrit oksida) yang berfungsi melancarkan peredaran darah, menjaga kinerja otot jantung hingga membantu mengatur tekanan darah. Madu mentah memiliki berbagai senyawa yang bertindak sebagai anti-oksidan yang membantu melindungi sel tubuh dari paparan radikal bebas yang semakin tak terhindarkan saat ini. Radikal bebas dapat mempercepat proses penuaan hingga memicu berbagai penyakit kronis seperti kanker dan serangan jantung. Senyawa anti-oksidan dalam madu yang disebut dengan polyphenol memiliki manfaat yang baik untuk mencegah penyakit jantung.
  5. Mencegah masalah pencernaan; madu sudah sejak lama digunakan untuk menangani berbagai keluhan pencernaan yang biasanya disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori (H. pylori). Selain itu, madu juga kaya akan kandungan probiotik yang akan menutrisi bakteri baik yang hidup di dalam usus. Hasilnya, tak hanya pencernaan saja yang menjadi lebih sehat, tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.
  6. Mencegah obesitas; madu merupakan salah satu alternatif sumber energi bagi tubuh tanpa harus khawatir tubuh mengalami obesitas. Mengonsumsi madu sebelum tidur akan mencukupi kebutuhan energi untuk membakar lemak pada malam hari. Madu mentah memiliki kandungan kalori sekitar 64 kalori/ cangkir, menjadikannya sebagai sumber energi alternatif tanpa harus khawatir menjadi kegemukan.
  7. Mencegah hipertensi; saah satu yang menjadi faktor risiko penting pada penyakit jantung adalah tekanan darah. Madu memiliki fungsi untuk megendalikan tekanan darah dengan kandungan antioksidan di dalamnya. Senyawa ini sudah sejak lama dikaitkan dengan tekanan darah rendah dalam tubuh dimana banyak penelitian menyimpulkan bahwa tubuh mengalami sedikit penurunan tekanan darah setelah konsumsi madu.
  8. Mencegah osteoporosis; madu murni ternyata juga mengandung kalsium dengan jumlah 3-31 mg/100 gram gula. Artinya, madu dengan kandungan kalsiumnya tesebut baik untuk pertumbuhan tulang anak-anak hingga efektif untuk mencegah terjadinya ostoporosis pada orang yang telah memasuki usia lanjut.
  9. Mencegah penuaan dini; paparan radikal bebas memang seakan tak terhindarkan di kehidupan modern saat ini. Polusi, radiasi dan berbagai gaya hidup tidak sehat menjadi pemicu radikal bebas yang dapat merusak dan mengganggu sel-sel tubuh. Salah satu penunjuk utamanya adalah dari efek penuaan yang terjadi pada kulit. Madu dengan kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu menangkal radikal bebas dan mencegah bermacam gangguan yang dipicu oleh radikal bebas, termasuk halnya penuaan dini.
  10. Mencegah gejala alergi; manfaat madu terhadap alergi ternyata telah dipelajari sejak lama dengan hasil positif. Salah satu kesimpulan diantaranya menyebutkan bahwa konsumsi madu dosis tinggi setiap hari, misalnya 1 gr untuk setiap kg berat badan, dapat meningkatkan imunitas tubuh terhadap berbagai gejala alergi misalnya gatal, mata berair, bersin-bersin dan sebagainya.

Khasiat Madu untuk Kesuburan

Madu diyakini memiliki berbagai manfaat terhadap kesuburan. Kegunaan madu untuk sistem reproduksi manusia diantaranya adalah melalui cara

  1. Menutrisi; madu kaya akan nutrisi yang tak hanya berguna untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, tetapi juga untuk menjaga kesehatan seksual. Ada berbagai macam kandungan dan aktfitas bermanfaat dalam madu yang memiliki peranan dalam mencukupi kebutuhan nutrisi agar organ reproduksi dapat bekerja sebagaimana mestinya. Dengan nutrisi yang berkecukupan, madu pun diyakini dapat membantu menghilangkan gangguan reproduksi.
  2. Meningkatkan kesehatan seksual; madu yang kaya akan enzim, memiliki kandungan vitamin B, asam amino untuk membantu penyembuhan dari masa Pre-Menstrual Syndrome (PMS, infertilitas, impotensi hingga menopause. Selain menyehatkan, madu juga memiliki khasiat penyeimbang hormon yang dapat mengobati migrain, depresi pasca kelahiran hingga timbulnya jerawat.
  3. Merangsang produksi hormon; ada berbagai manfaat yang terdapat dalam madu sehingga dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesuburan. Ia dapat merangsang produksi hormon seksual baik pada pria maupun wanita sehingga peluang untuk memiliki keturunan menjadi lebih tinggi dengan tubuh yang prima dan organ reproduksi yang sehat.
  4. Meningkatkan libido; banyak ahli yang meyakini bahwa madu memiliki kemampuan dalam membantu tubuh pria untuk memproduksi hormon testosteron. Begitu pula pada wanita dimana madu akan membantu produksi hormon estrogen. Dengan produksi hormon yang optimal, maka libido pun akan meningkat sekaligus mengembalikan kesuburan pada tubuh.
  5. Meningkatkan kualitas sperma; dalam berbagai jurnal medis, madu disebutkan memiliki efek positif terhadap sistem reproduksi pria salah satunya dengan meningkatkan kualitas sperma. Tentu saja manfaat ini tidak bisa didapat secara instan dan seorang pria harus menerapkan pola hidup sehat dengan konsumsi madu secara teratur dan konsisten unutk meningkatkan kemungkinan untuk mendapat keturunan.
  6. Meningkatkan vitalitas pria; tak perlu menggunakan minuman stimulan seksual untuk mendapatkan performa yang memuaskan. Anda sudah bisa mendapatkan efek tersebut dari madu dengan kandungan vitamin, zinc dan vitamin E yang memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan keperkasaan pria. Madu dari bunga tertentu bahkan dapat menghasilkan efek yang lebih dahsyat.
  7. Mengatasi masalah kesuburan (infertilitas); kaya akan kandungan asam amino, vitamin dan mineral dapat membantu memelihara kesehatan sistem reproduksi sehingga berbagai masalah yang mengganggu kesuburan dapat dicegah. Selain itu, berbagai kandungan berkhasiat tersebut juga dapat memulihkan fungsi yang bermasalah. Anda juga bisa mencampur madu dengan kayu manis untuk membantu melancarkan peredaran darah ke organ reproduksi.
  8. Membantu memudahkan terjadinya pembuahan; adanya kandungan berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh seperti halnya vitamin C, kalsium dan zat besi akan membuat tubuh menjadi lebih sehat hingga lebih mudah untuk terjadi pembuahan dalam rahim.
  9. Mengatasi masalah menstruasi; untuk meningkatkan peluang terjadinya pembuahan yang sempurna, para wanita biasanya perlu mengatur siklus menstruasinya. Madu memilki manfaat untuk mengatur siklus datang bulan agar menjadi rutin. Tentu saja, manfaat ini juga tidak bisa didapat secara instan melainkan harus melalui penggunaan yang teratur setiap hari.
  10. Mencegah kanker pada organ reproduksi; salah satu masalah yang kini makin sering dialami oleh orang adalah kanker. Madu memang tidak mampu menyembuhkan atau mengobati kanker, namun dengan konsumsi madu secara teratur dan konsisten dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker. Berbagai kanker seperti kanker serviks, kanker prostat maupun kanker payudara, dapat dicegah dengan khasiat madu.
  11. Mencengah tumor; selain kanker yang berkembang di organ reproduksi, madu juga bisa mencegah tumbuhnya tumor karena adanya kandungan flavonoid, asam fenolat, asam amino, protein dan beberapa macam enzim yang kemudian menjadi zat anti-inflamasi. Seperti yang diketahui peradangan kronis memiliki beberapa relevansi dengan pembentukan sel kanker.
  12. Mengurangi keputihan; ahli menyebut bahwa madu murni memiliki manfaat yang dapat mencegah keputihan yang dikarenakan oleh bakteri dan jamur. Khasiat ini datang dari aktifitas anti-bakteri dan anti-fungi yang terdapat pada madu. Penyebab keputihan yang menjadi tidak normal dari bau, warna dan tekstur ini umumnya dipicu oleh bakteri Trichomonas vaginalis, bakteri Gardnerella vaginalis ataupun oleh jamur Candida albicans dan bisa diatasi dengan konsumsi madu murni secara rutin.
  13. Menjaga kesehatan ibu hamil; setelah pembuahan berhasil dilakukan dan seseorang dinyatakan hamil, biasanya madu dijadikan sebagai bahan penunjang antibodi. Ibu hamil muda biasanya rentan dengan berbagai gangguan kesehatan sehingga antibodi alami perlu diberi penujang. Madu sering digunakan sebagai sarapan ibu hamil untuk mengurangi rasa mual dan meningkatkan nafsu makan. Konsumsi madu secara rutin dan teratur disebut juga dapat menguatkan dan menjaga kesehatan janin.

Khasiat Madu untuk Anak

Anak yang belum memiliki sistem daya tahan tubuh optimal biasanya cenderung lebih mudah terserang penyakit. Apabila Anda tidak ingin merasa ketergantungan dengan obat-obatan dari dokter, maka madu dapt dipilih sebagai suplemen yang membantu anak mendapatkan imunitas optimal. Beberapa manfaat yang bisa didapat dari madu diantaranya

  1. Sebagai obat batuk pilek alami; batuk pilek mungkin bisa dikatakan sebagai penyakit yang paling umum diderita oleh anak. Sebagai salah satu alterntif untuk mengurangi ketergantungan pada obat-obatan berbahan kimia, banyak orang tua yang memilih madu sebagai obat batuk pilek alternatif untuk anak. ada berbagai kandungan yang diyakini memiliki khasiat untuk membantu anak memulihkan kondisinya dengan imunitas yang ditunjang secara alami.
  2. Obat muntah diare alami; selain unuk mengobati batuk pilek, ternyata madu juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk berbagai masalah pencernaan. Adanya kandungan antibakteri dapat menekan berbagai bakteri jahat dalam pencernaan dan membantu tubuh untuk menyerap berbagai zat penting untuk pemulihan di masa diare. Tak hanya mencegah berkembangnya bakteri buruk, madu juga menutrisi bakteri baik dengan kandungan probiotik di dalamnya.
  3. Obat mual asma alami; madu dipercaya juga dapat membantu penyembuhan rasa mual dan asma pada anak karena memiliki beragam kandungan yang efektif untuk mengatasi kedua masalah ini secara cepat. Madu juga bisa digunakan sebagai media untuk menyalurkan berbagai khasiat herbal lainnya agar lebih mudah terserap tubuh.
  4. Menjaga kesehatan organ dan otot; adanya kandungan vitamin dan mineral dalam madu, menjadikannya sebagai salah satu sumber alternatif yang baik untuk menjaga kesehatan berbagai organ dan otot. Selain itu, kedua zat ini juga sangat diperlukan anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan, utamanya untuk perkembangan organ tubuh dan otot. Madu juga mengandung berbagai macam asam amino yang dapat mempercepat pertumbuhan tulang dan otot sehingga anak menjadi lebih cepat besar dengan tulang yang kuat serta daya tahan tubuh yang optimal.
  5. Menjaga fungsi hati; bagi organ dalam seperti hati, madu juga memiliki manfaat yang baik. Madu dapat membantu menyehatkan fungsi hati agar selalu bekerja dalam kondisi optimal. Empedu juga akan mendapatkan manfaat positif dari konsumsi madu secara rutin. Hati dan empedu merupakan bagian dalam tubuh yang akan selalu berurusan dengan racun dan limbah yang bisa saja berbahaya jika fungsinya terganggu.
  6. Sumber nutrisi; anak cenderung pilih-pilih dengan apa yang mau mereka makan dan tidak. Madu dengan rasa yang manis akan lebih disukai anak sebagai sumber nutrisi alternatif selain suplemen tablet dan sebagainya. Konsumsi madu sesendok atau dua setiap hari bisa menjadi sumber nutrisi seperti mineral yang bermanfaat tanpa harus memaksa anak untuk menguyah atau mengisap tablet suplemen.
  7. Sebagai sumber energi instan; karakternya yang lezat pun juga bisa dijadikan sebagai sumber energi instan bagi anak yang cenderung selalu aktif. Kandungan fruktosa (gula buah) dikenal sebagai salah satu sumber energi yang cendrung lebih tahan lama sehingga cocok untuk menyediakan pasokan energi untuk anak sepanjang hari secara sehat.
  8. Menyehatkan sistem pencernaan anak; anak di bawah usia 5 tahun, bukan bayi, sering memasukkan macam-macam benda ke dalam mulut. Ini adalah perilaku yang wajar, namun juga bisa mengancam pencernaannya yang belum terlindungi secara sempurna. Madu dapat membantu menangkal berbagai bakteri jahat dari luar dengan sifatnya yang anti-bakteri. Di samping itu, madu juga mengandung probiotik alami yang akan membantu menyehatkan usus anak sehingga proses penyerapan nutrisi menjadi optimal.
  9. Menyembuhkan luka; luka kecil seperti goresan adalah hal yang wajar dialami anak mengingat mereka yang cenderung aktif bermain dan bergerak. Saat tidak ada obat luka di rumah, Anda pun bisa mencoba mengoleskan madu tipis-tipis ke bagian kulit anak yang terluka untuk membuatnya lebih cepat sembuh. Manfaat ini didapat karena adanya berbagai aktifitas yang dapat mengamankan luka dari infeksi sekaligus membuat jaringan kulit lebih cepat pulih dengan nutrisi yang dikadungnya.
  10. Sumber vitamin yang lezat; anak memiliki kebutuhan vitamin tertentu untuk lebih mengoptimalkan masa tumbuh kembangnya, dimana madu memiliki sebagian besar diantaranya. Madu mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh anak, mulai dari vitamin B1, B2, B3, D, K dan E. Karakteristik madu membuat berbagai vitamin tersebut juga lebih cepat diserap oleh tubuh.
  11. Meningkatkan daya ingat; madu juga dipercaya berkontribusi pada kinerja otak yang optimal. Dengan mengonsumsi madu sekitar 20gr/ hari disebut dapat memicu regenerasi sel otak sehingga menstimulasi produksi hormon yang berkontribusi pada kecerdasan dan daya ingat pada anak yang sedang dalam masa pertumbhan. Dengan begitu, anak bisa lebih optimal dalam bereksplorasi dan mempelajari hal-hal baru yang ditemuinya.
  12. Mencegah alergi; madu diyakini memiliki aktifitas anti-histamin atau penangkal pemicu alergi. Berbagai reaksi alergi seperti gatal, sesak napas, eksim, biduran hingga bengkak pada wajah dan mata dapat dicegah melalui berbagai manfat positif dalam. Dalam berbagai studi disebutkan bahwa kandungan polen dalam madu juga bisa membantu menyembuhkan alergi musiman.
  13. Meningkatkan imun; dengan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, tak heran jika madu juga memiliki manfaat untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan kalium, vitamin C dan berbagai mineral yang baik bisa menjadi sumber antioksidan alami yang bermanfaat bagi tubuh orang dewasa dan juga anak-anak. Terlebih madu juga memiliki berbagai aktifitas yang turut melindungi tubuh yang mencegah infeksi oleh bakteri, virus maupun dari jamur.

Khasiat Madu untuk Penampilan

Madu murni yag belum melalui proses pegolahan apapun juga sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan terkait penampilan

  1. Mengatasi jerawat; meskipun keampuhannya untuk mengobati jerawat masih banyak diragukan, madu memang memilii berbagai aktifitas yang dapat membantu mengatasi masalah yang paling sering dialami oleh manusia ini. Jerawat pada umumnya dipicu oleh adanya bakteri yang terjebak dalam jaringan permukaan kulit. Selain itu, bakteri juga sering berada dalam pori-pori kulit hingga memicu peradangan. Madu bisa digunakan sebagai alternatif jika Anda sensitif terhadap bahan kimia dalam mengatasi jerawat. Cukup dengan mengoleskan madu murni tipis-tipis lalu diamkan sekitar 2 menit sebelum dibasuh dengan air hangat.
  2. Mengatasi penuaan dini; madu memiliki kandungan antioksidan yang berkontribusi dalam mencegah penuaan dini akibat paparan radikan bebas. Penuaan dini memang bisa memicu berbagai masalah yang mengganggu penampilan misalnya keriput pada bagian bawah mata. Cukup oleskan raw honey alias madu mentah secara merata kemudian diamkan selama beberapa saat sebelum dibasuh menggunakan air hangat.
  3. Memperbaiki warna kulit; mungkin Anda pernah mengalami masalah perubahan warna kulit yang membuatnya terlihat lebih gelap. Kulit yang terlihat belang-belang tentunya membuat sebagian orang merasa kurang percaya diri. Untuk mengembalikan warna kulit, Anda bisa membuat scrub dari kombinasi madu bersama gula serta minyak kelapa dalam komposisi yang berimbang. Lakukan eksfoliasi kulit wajah ataupun kulit di bagian tubuh lain dengan gerakan yang lembut.
  4. Menjaga kelembaban kulit; kondisi lingkungan dan lain sebagainya bisa membuat kulit memiliki kelembaban yang tidak normal. Kulit dengan masalah kelembaban dapat mudah mengalami masalah seperti mudah iritasi dan terlihat kurang menarik. Selain bisa langsung diaplikasikan dengan cara dilulur bersama susu, Anda juga bisa langsung mengoleskan ke bagian kulit yang kering seketika untuk melembabkannya.
  5. Sebagai masker rambut; madu dengan berbagai kandungan bermanfaatnya ternyata juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Bahan alami ini dapat membuat setiap helai rambut menjadi lebih kuat dan bersinar. Caranya, Anda bisa memadukannya denga olive oil, lalu gunakan campuran ini dari akar hingga ujung rambut. Saat seluruh bagian rambut terkena oleh campuran madu dan olive oil tersebut, tutupi menggunakan handuk beberapa menit lalu bilas seperti pada saat keramas.
  6. Mengatasi berbagai masalah kulit; selain memiliki manfaat menjaga kelembaban kulit, madu juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah eksim dan psoriasis dengan kandungan anti-inflamasinya. Madu juga disebut memiliki manfaat untuk menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata karena terlalu banyak begadang.
  7. Madu untuk diet; memiliki bentuk tubuh proporsional atau bahkan atletis mungkinmenjadi keinginan sebagian orang untuk memaksimalkan penampilan mereka. Untuk mendapatkannya, Anda dianjurkan untuk hidup sehat dan olahraga. Gantikan pemanis biasa dengan madu untuk asupan yang lebih kompleks dan bermanfaat. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan madu pada daftar makanan rekomendasi.
  8. Menghilangkan bekas luka ; madu selain bisa digunakan untuk merawat luka agar lebih cepat sembuh, ternyata juga bisa menyamarkan bekas luka atau stretch marks. Anda bisa membuat campuran madu bersama berbagai bahan alami lain seperti kunyit, kayu manis, pala hingga lemon untuk membuat ramuan penghilang bekas luka. Berikutnya, oleskan campuran itu ke bagian kulit terdapat bekas luka secara merata.
  9. Mengatasi iritasi karena paparan sinar matahari; dengan kandungan anti-inflamasi yag dimilikinya, madu bisa menjadi alternatif mengatasi kemerahan pada kulit yang terbakar sinar matahari. Anda juga bisa menambahkan madu tersebut bersama gel lidah buaya untuk mendapatkan efek yang lebih baik.
  10. Mencerahkan kulit; seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa paparan radikal bebas dapat membuat kulit menjadi kusam. Nah apabila Anda menginginkan kulit yang lebih cerah dan bersih, Anda bisa menggunakan madu yang digosokkan ke seluruh tubuh untuk mendapatkannya. Selain itu, Annda juga bisa menggunakan campuran madu dengan susu sebagai bahan lulur.
  11. Melembabkan bibir; kurangnya vitamin C, penggunaan bahan pada lipstik hingga dehidrasi bisa membuat bibir menjadi kering bahkan pecah-pecah. Tentu saja selain membuat penampilan menjadi kurang optimal, kondisi juga bisa membuat bibir terasa perih saat bicara ataupun tersenyum. Untuk mengatasi ketidaknyamanan ini, Anda bisa menggunakan madu untuk kembali melembabkan bibir sambil mencukupi kebutuhan vitamin dan air agar bibir kembali sehat.

Manfaat Madu untuk Makanan

Selain sebagai bumbu berbagai masakan Tanah Air, ternyata madu juga makin banyak diaplikasikan untuk hidangan internasional. Beberapa diantaranya bahkan terkesan sederhana namun memberikan sensasi yang unik dan layak untuk dicoba, seperti;

  1. Sebagai bumbu kari; apabila Anda ingin membuat masakan seperti kari India, maka madu bisa digunakan sebagai bumbu dengan citarasa manis yang khas. Cukup dengan meneteskan sedikit madu ke atas masakan kari yang hampir matang. Anda akan merasakan bahwa bahan yang bisa menjadi penguat rasa ini mampu membuat citarasa rempah lebih keluar.
  2. Sebagai perasa untuk coleslaw; ya ternyata madu juga bisa digunakan pada selada kol Anda. Makanan sehat ini akan terasa lebih nikmat dan menggoda karena madu ternyata juga mampu menguatkan rasa yang cukup menggugah selera.
  3. Roti panggang madu; meskipun sederhana, nyatanya hidangan seperti Golden Honey Rolls tetap saja memiliki citarasa khas yang tidak mudah untuk dilupakan. Anda bisa menambahkan sedikit madu ke dalam adonan sebelum memasukkannya ke dalam oven untuk membuat sebuah roti yang selain nikmat juga menyehatkan.
  4. Sebagai pelapis daging panggang; madu ternyata sudah lama dijadikan sebagai bahan pelapis untuk olahan daging. Anda bisa membuatnya menggunakan paduan madu dengan jeruk nipis yang akan menjadi pelapis dengan citarasa segar yang kemudian bisa dipadukan kembali dengan kecap untuk masakan dengan sedikit sentuhan Asia.
  5. Membuat jagung rebus madu; salah satu camilan dengan citarasa gurih ini bisa Anda buat dengan sangat mudah. Cukup dengan merebus jagung segar lalu aduk bersama mentega dan madu dengan porsi yang setara. Anda sudah bisa membuat hidangan dengan sensasi gurih manis sekaligus lembut.
  6. Sebagai bahan saus salad; jika Anda termasuk penikmat salad, maka tak ada salahnya untuk mencoba untuk mengocok madu bersama minyak zaitun dan cuka sari apel untuk menghasilkan saus dengan citarasa gurih manis yang disukai siapapun.
  7. Melapisi pretzel; tak ada salahnya pula mencoba melapisi pretzel yang Anda sukai dengan madu. Cukup dengan mengoles pretzel polos dengan madu lalu diamkan semalaman di kulkas. Jika ingin rasa yang lebih unik, coba juga untuk menambakan sedikit garam.
  8. Untuk salad dengan keju kambing; Anda bisa menggunakan kombinasi antara keju dengan madu untuk salad favorit. Madu bisa dipasangkan bersama keju kambing, apel maupun sayuran hijau lainnya untuk menciptakan salad sederhana namun tetap lezat.
  9. Pengganti gula dalam kue; ya, Anda boleh saja mengganti gula dalam komposisi kue menggunakan madu. Misalnya dengan mengganti secangkir gula dengan ¾ cangkir madu sambil mengurangi porsi air dalam resep tersebut sebanyak ¼ cangkir.
  10. Sebagai siraman pancake; Anda yang sering membuat pancake bisa mengganti siraman sirup maple dan taburan gula halus dengan madu. Anda juga bisa saja menambahkan sirup maple dan madu itu dengan tambahan ceri di atasnya.
  11. Untuk membuat pudding; resep ini bisa dijadikan sebagai kudapan sehat instan cukup dengan memotong pisang lalu lumuri dengan madu.
  12. Bubur madu; resep ini bisa Anda coba saat cuaca sedang dingin dimana tambahan madu dapat menambahkan citarasa di atas semangkuk bubur sekaligus menambahkan beberapa manfaat yang akan memberikan Anda suplai tenaga secara instan.
  13. Tambahan ke atas sandwich; jika Anda bosan dengan sandwich biasanya, cobalah untuk menambahkan sedikit madu ke atasnya untuk asupan yang lebih berenergi dengan rasa yang baru.

Manfaat Madu untuk Minuman

Meskipun lebih populer sebagai bahan herbal yang memiliki begitu banyak manfaat, citarasa manis yang unik dari wanginya yang khas membuat madu juga banyak digunakan dalam pembuatan berbagai minuman, baik sebagai bahan utama atau sekedar tambahan. Nah jika Anda ingin mengetahui minuman apa saja yang bisa ditambah dengan madu, berikut ini beberapa tulisan diantaranya

  1. Teh; minuman yang satu ini memang begitu populer di dunia, tak terkecuali Anda yang mungkin juga sering meminumnya di pagi atau sore hari. Dalam secangkir teh terkandung flavonoid yang memiliki sifat sebagai antioksidan alami yang membantu tubuh menangkal paparan radikal bebas. Anda pun bisa menggandakan manfaat tersebut dengan cara mengganti pemanis atau gula yang biasa Anda gunakan dengan madu. Tak hanya bisa digunakan untuk meringankan gejala flu, teh madu ini diyakini juga efektif mengurangi kram ketika menstruasi.
  2. Susu; minuman yang sudah kaya akan nutrisi seperti vitamin dan mineral ini memang tercatat memiliki kandungan vitamin A, B, D, protein hewani, kalsium dan asam laktat. Madu yang ditambahkan pada susu dapat menambahkan berbagai manfaat kesehatan lain mulai dari memelihara pencernaan, meningkatkan stamina bahkan bisa digunakan untuk mengatasi insomnia. Campuran madu dan susu ini juga banyak digunakan dalam perawatan kulit.
  3. Jus lemon; buah lemon terkenal memiliki banyak nutrisi dan antioksidan yang menawarkan banyak manfaat untuk memulihkan dan menjaga kesehatan sampai meremajakan tubuh. Campuran jus lemon dengan madu yang banyak banyak digunakan oleh mereka yang menjalani diet memiliki banyak manfaat, mulai dari memperbaiki pencernaan, meningkatkan imunitas, melancarkan metabolisme, menghaluskan kulit hingga menurunkan berat badan.
  4. Wedang jahe; mungkin minuman madu jahe sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia pada umumnya karena banyaknya penjual minuman Susu Telor Madu Jahe (STMJ) di pinggir-pinggir jalan. Sementara di warung, Anda bisa memesan minuman jahe hangat. Sebenarnya minuman jahe hangat yang biasanya dimaniskan dengan gula merah juga bisa dimaniskan dengan madu dengan manfaat seperti membantu meringankan gangguan pernapasan, melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan imunitas bahkan membantu mengobati kanker. Hal ini karena madu menjadi media penghantar berbagai manfaat ramuan herbal ke tubuh secara optimal.
  5. Jus buah; ada beberapa orang yang sering menggunakan gula untuk mempermanis jus buah. Padahal, menambahkan madu bisa mempercantik tampilan jus sambil menambahkan berbagai manfaat lain selain rasa manis. Cukup tambahkan sedikit madu pada jus buah seperti jeruk, apel, anggur, pisang maupun tomat.
  6. Jus sayur; lain lagi jika Anda ingin mencoba lebih sehat dengan mengonsumsi jus sayur. Untuk mendapatkan jus sayur yang lezat, Anda bisa menambahkan sedikit buah pada sayuran seperti bayam, sawi, selada, letus dan brokoli. Anda juga bisa menyeduh sayuran terlebih dahulu untuk menghilangkan bau langu. Madu akan menguatkan rasa manis pada sayuran dan buah dan membungkusnya dengan aroma yang lebih sedap.
  7. Air hangat; dengan meminum arir hangat setiap pagi, ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapat. Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dengan lebih optimal dan sedap cukup dengan menambahkan sedikit madu ke dalam segelas air hangat. Cukup hangat saja, jangan terlalu panas agar khasiat madu tidak rusak. Selain menambahkan suntikan energi instan, manisnya madu juga membantu proses membuang racun dari dalam tubuh, memperbaiki metabolisme, meningkatkan daya tahan tubuh hingga mengurangi berat badan.
  8. Wedang kayu manis; Anda bisa membuat minuman hangat menggunakan bahan kayu manis bubuk (1/2 sendok teh) dan madu (1 sendok makan). Pertama masukkan kayu manis bubuk ke dalam secangkir air hangat lalu tambahkan madu dan aduk hingga rata. Minuman manis dengan aroma khas biasanya dinikmati pagi sebelum sarapan dan malam menjelang tidur selagi hangat.
  9. Minuman cuka apel; minuman lezat ini mungkin lebih tepat jika disebut sebagai ramuan herbal karena manfaatnya yang begitu banyak. Minuman yang dibuat dari cuka sari apel, madu, jahe dan kunyit ini diyakini dapat membantu menekan peradangan dan infeksi. Selain itu, minuman ini juga bekerja efektif pada sistem pencernaan hingga mengatasi refluks asam. Dan masih banyak lagi manfaat lain yang bisa didapat seperti meredakan artritis, meningkatkan sistem imun, membantu detoksifikasi hati sampai mencegah diabetes tipe 2.
  10. Es buah; jika Anda enggan menikmati buah dalam bentuk jus, maka es buah bisa menjadi alternatif yang tidak ada salahnya untuk dicoba. Anda bisa menggunakan paduan buah lemon, strawberi dan madu untuk membuat es buah yang menyegarkan sekaligus menyehatkan di pagi hari.

kegunaan madu

Khasiat Madu untuk Hewan Peliharaan

Selain memiliki banyak manfaat untuk manusia, madu juga menawarkan banyak manfaat bagi peliharaan, terutama pada anjing dan kucing. Nah, jika Anda memiliki peliharaan, tak ada salahnya menyimak kegunaan madu untuk hewan peliharaan berikut ini

  1. Mengurangi alergi pada anjing; madu diyakini dapat membantu tubuh anjing untuk bertahan dari gejala alergi musiman, tahunan atau bahkan dari alergi makanan tertentu. Gejala alergi pada anjing diantaranya seperti menggaruk, kulit kemerahan (iritasi), bulu rontok dan sebagainya dapat dicegah dengan madu. Anda bisa menambahkan madu ke makanan anjing sesuai takaran.
  2. Menyembuhkan luka pada anjing; aktifitas antibakteri dan desinfektan paa madu bisa dimanfatakan untk merawat luka, goresan, gigitan, bintik panas, luka memar dan luka bakar pada anjing. Cukup dengan mengoleskan madu secra tipis-tipis ke bagian yang terluka, kemudian dibalut menggunakan perban supaya anjing tidak menjilatinya. Madu dapat menekan infeksi akibat bakteri, mencegah peradangan, pembengkakan dan nyeri sekaligus membantu pertumbuhan jaringan kulit baru.
  3. Mengatasi batuk pada anjing; selain bisa bekerja pada manusia, madu juga efektif untuk menenangkan berbagai macam batuk pada anjing peliharaan Anda. Takaran yang diberikan harus disesuaikan dengan ukuran anjing. Biasanya pemberian madu untuk terapi batuk ini dimulai dari dosisi yang paling rendah terlebih dahulu untuk memeriksa reaksi dan mengukur efektifitasnya. Barulah kemudian bisa ditambahkan hingga 4 kali dalam sehari.
  4. Menyehatkan pencernaan anjing; nyatanya anjing peliharaan Anda juga tak lepas dari ancaman berbagai gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit. Setelah Anda menemukan penyebab sakit pencernaan yang dialami oleh anjing, Anda bisa menggunakan madu untuk membantu memulihkan kesehatan pencernaan anjing.
  5. Sumber energi; madu mentah juga bisa menjadi sumber energi instan bagi anjing. Tak hanya itu, madu juga menjanjikan daya tahan dan vitalitas alami anjing dengan kandungan gula alami yang membantu anjing yang sudah cukup berumur pun sanggup berolahraga secara optimal agar tubuhnya selalu bugar dan sehat.
  6. Memulihkan nafsu makan pada kucing; ada beberapa kondisi dimana kucing yang sedang dalam masa pengobatan dan sebagainya menjadi kehiangan nafsu makan. Dalam kondisi seperti ini, beberapa orang telah mencoba menggunakan sedikit madu untuk memulihkan nafsu makan pada kucing peliharaan mereka.
  7. Mengatasi batuk pada kucing; madu juga diyakini dapat mencegah dan mengobati batuk dan flu pada kucing dengan kandungan dekstrometorfan (DM) yang dimilikinya. Zat ini memiliki efek menenangkan batuk di malam hari sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur kucing. Untuk kucing dewasa, cukup 2 sendok teh 30 menit sebelum tidur disebutkan dapat menekan intensitas batuk pada kucing.
  8. Melawan patogen; studi klinis melaporkan bahwa madu ampuh membunuh patogen penyakit yang ditemukan pada makanan. Berbgai bakteri merugikan yang biasanya menyerang kucing ini seperti E. Coli, Salmonella, Staphylococcus aureus (methicillin-resistant) dan Pseudomonas aeruginosa. Selain halnya pada makanan, patogen ini juga banyak berkembang biak di lingkungan kotor atau sering terpapar penyakit. Konsumsi madu dalam jumlah yang tepat dan rutin dapat melawan berbagai macam patogen yang besar peluangnya menyerang kucing.
  9. Merawat luka kucing; adanya kandungan fitonutrien dalam madu memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi dan antioksidan yang tak hanya bagus bagi kesehatan kucing, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk merawat luka. Madu bisa dioleskan langsung ke luka kucing dan rutin diganti tiap 24 – 48 jam. Olesan madu ini juga bisa ditutup kasa steril maupun perban agar tidak dijilat kucing.
  10. Babi Guinea; babi yang juga sering dijadkan sebagai peliharaan ini memang tidak boleh diberi makan dengan madu, walaupun beberapa makanan untuknya berperisa madu. Namun manfaat madu bukan sebagai makanan, melainkan dapat digunakan untuk merawat luka maupun goresan yang terjadi pada permukaan kulitnya.
  11. Burung; madu mentah biasanya diberikan pada burung beo dan lovebird agar mereka lebih sering berkicau dan sehat. Di habitat aslinya atau di alam liar, burung juga banyak memakan madu. Inilah alasannya mengapa banyak toko menjual honey stick untuk burung.

madu murni

Khasiat Madu untuk Tanaman dan Berkebun

Meskipun dibuat dari sari tumbuh-tumbuhan, ternyata guna madu juga dapat dimanfaatkan untuk merawat tumbuhan agar memberikan hasil sesuai harapan manusia. Beberapa pemanfaatan madu untuk berkebun ini antara lain;

  1. Sebagai bahan pupuk cair; pupuk cair berbahan madu diyakini memberikan manfaat untuk tanaman bunga, buah maupun tanaman musiman. Penggunaan pada tanaman buah misalnya, dapat membuat buah-buahan yang dihasilkan tanaman jadi lebih beraroma bahkan lebih manis dari biasanya. Anda bisa membuat pupuk cair ini dengan cara mencampur 1 hingga 2 sendok makan madu dengan 2 liter air. aduk hingga benar-benar tercampur lalu gunakan seperti cara memberi pupuk cair biasa seperti menyiram tanaman. Berikan tiap 2 minggu sekali dan hentikan penggunaannya jika diketahui pupuk tersebut mengundang semut.
  2. Perangkap lalat buah; serangga yang menjadi hama ini bisa menjadi musuh para pemilik kebun. Anda bisa membuat perangkap lalat buah menggunakan cuka buah, madu dan sari apel yang telah membusuk. Masukkan setiap bahan-bahan tersebut ke dalam stoples lalu tambahkan cuka sari apel kembali di atasnya. Berikutnya, tutup toples tersebut menggunakan plastik dan ikat menggunakan karet gelang. Lubangi plastik tersebut menggunakan tusuk gigi agar aromanya bisa mengundang lalat. Letakkan perangkap lalat buah tersebut pada lokasi yang strategis agar mereka terpancing.
  3. Sebagai hormon penumbuh akar; Anda bisa meningkatkan keberhasilanteknik stek menggunakan hormon penumbuh akar dari madu sebelum menanam. Hormon seperti ini memang sudah banyak dijual di toko-toko. Namun jika Anda bisa membuatnya sendiri, mengapa tiak? Aktifitas anti-bakteri dan anti-jamur yang terdapat dalam madu bisa menghindarkan stek Anda dari pembusukan dan infeksi. Sehingga ia dapat memiliki lingkungan yang ideal dan aman agar akar bisa bertumbuh. Buat hormon ini dengan mencampurkan 2 sendok makan madu dengan 2 gelas air hangat lalu diamkan hingga dingin. Celup stek ke dalam hormon madu ini selama beberapa saat sebelum ditanam.
  4. Menutrisi daun; madu yang kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tanaman ternyata juga bisa digunakan untuk menutrisi daun yang terlihat tidak sehat. Ada berbagai elemen penting yang diperlukan tanaman seperti zat besi, kalsium, magnesium, seng, fosfor serta kalium. Anda pun bisa membuat semprotan nutrisi ini dengan campuran 2 sendok makan madu dengan segalon air. tuang ke dalam botol semprot untuk kemudian lakukan penyemprotan ke daun yang tidak sehat tiap 1 atau 2 minggu sekali.
  5. Perangkap siput; jika Anda menemukan banyak lubang pada batang, dedaunan, buah ataupun bagian umbi, tandanya tanaman Anda seang diserang siput. Untuk mengatasinya, Anda bisa membuat perangkap siput dengan bahan madu dan ragi. Caranya, buat larutan madu dan ragi lalu rebus dengan air. Berikutnya, tuang ke dalam sebuah wadah yang kemudian diletakkan dalam lubang di bawah tanah. Siput akan jatuh ke dalam lubang dan tidak bisa keluar selama wadah tersebut cukup dalam. Anda kemudian bis membuang siput tersebut lalu mengisi perangkap tersebut tiap 2-3 hari.
  6. Perangkap semut; Anda juga bisa menggunakan madu untuk meracuni sebuah koloni semut yang merusak kebun Anda. Anda bisa membuat racun ini menggunakan 1/2 sendok teh borax untuk tiap 2 sendok makan campuran madu dan selai kacang. Berikutnya, tempatkan umpan tersebut di lokasi yang menurut Anda strategis atau sering dilalui semut.

Itulah diantaranya 100 khasiat madu yang perlu untuk Anda ketahui. Dengan mengetahui berbagai manfaat yang tersimpan di dalamnya, Anda pun tak perlu ragu lagi untuk menyediakan sebotol atau setoples madu di rumah, baik itu madu olahan siap konsumsi ataupun madu murni yang belum melalui proses pengolahan sama sekali. Semoga bermanfaat.

Related posts

Manfaat Biji Rami Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Riska Novayanti

Kandungan dan Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Riska Novayanti

Jenis Makanan dan Manfaat Biotin Untuk Tubuh Manusia

Riska Novayanti

Berikan komentar