Perkembangan Bayi

Lika liku Perkembangan bayi 10 bulan yang mesti diketahui

bayi-22

Kamu tahu tidak kalau bayi umur 10 bulan sudah mulai tumbuh gigi? Sudah tahu? Nah, di artikel ini bakal dibahas lebih banyak lagi soal perkembangan bayi 10 bulan lainnya. Tujuannya biar kamu bisa mengetahui apa saja yang mesti kamu siapkan dan perhatikan.

Karena giginya sudah mulai tumbuh, ada baiknya kamu siapkan finger food ya, buat melatih bayi kamu belajar mengunyah dan membantu pencernaannya terbiasa mencerna makanan padat.

Kamu bisa mulai memperkenalkan variasi makanan berbeda-beda tiap harinya, baik itu bubur susu, nasi tim saring  ataupun biscuit. Kamu juga bisa siapkan berbagai variasi kacang-kacangan, buah-buahan, daging, serta sayur.

Tentu saja kamu mesti masak semua itu hingga lunak dulu sebelum memberikannya ke bayi ya. Setelah itu potong-potong memanjang seukuran jari lalu berikan pada bayi biar dia genggam dan menyantapnya.

Perkembangan bayi 10 bulan lainnya antara lain dia sudah mulai bisa mengoceh serta belajar berjalan menjelajahi sekitar ruangan. Jadi terus damping bayi kamu dan awasi agar tidak jatuh.

Perkembangan fisik badan bayi

Berat badan ideal bayi laki-laki adalah sekitar 9-11 kilogram dan Panjang 73 – 78 cm. Sedangkan bayi perempuan memiliki berat ideal antara 8.5 – 10 kilogram dan Panjang 70 – 76 cm

bayi-8

Perkembangan kemampuan motorik

Seperti bulan-bulan sebelumnya, bayi sudah bisa duduk, merangkak, berdiri, naik turun tangga serta berusaha berjalan sambil memegang dinding, meja, atau kursi atau benda lain di sekitarnya.

Kamu bisa membantunya latihan berjalan dengan memposisikan bayi kamu berdiri memegang dinding lalu ulurkan tangan sembari memanggilnya. Pancing bayi kamu biar mau berusaha berjalan perlahan mendekati kamu. Tapi jangan berharap bayi kamu segera bisa berjalan lancar ya, soalnya bayi biasanya umur 14-15 bulan baru bisa jalan lancar.

Bayi umur 10 bulan juga sudah mulai mengenali ukuran benda. Serta menyusunnya dari ukuran terkecil hingga terbesar. Bayi juga bisa menggenggam benda-benda kecil dan memungutnya. Jadi jangan sampai bayi kamu lepas dari pandangan kamu ya, biar dia tidak memasukkan benda-benda kecil itu ke mulutnya dan tersedak.

Perkembangan kemampuan komunikasi

Kamu bisa membantunya melatih kemampuan berbahasa dengan sering mengajaknya bicara dimanapun dan kapanpun. Kalau bayi kamu mengoceh, jangan membalasnya dengan Bahasa bayi, tapi gunakan Bahasa yang tepat.

Selalu berusaha kenali makna dari ocehan bayi kamu, biar kamu bisa berikan respons yang tepat. Misalnya saat dia mengoceh “Babaa…” kamu bisa coba menebak dan menanyakan “Adik mau minum susu?”

Selain itu seperti sebelumnya, ada baiknya kamu terapkan peraturan sederhana buat membiasakan bayi membedakan hal baik dan buruk sejak kecil.

Seperti kalau bayi kamu menarik ekor hewan peliharaan di rumah, kamu bisa pegang tangannya perlahan sembari menatap matanya dan berikan peringatan kecil. Kamu bisa bilang “Kasihan, nanti anjingnya kesakitan”. Dan kamu bisa menuntun tangannya buat membelai hewan peliharaan kamu itu.

Perkembangan kemampuan sosial

Kemampuan sosial bayi di umur 10 bulan juga semakin berkembang pesat. Dia akan mulai belajar bersosialisasi dengan bayi lain yang dilihatnya. Jadi sering-seringlah membawanya ke taman bermain atau lingkungan sekitar yang aman.

Walaupun bayi umur 10 bulan masih termasuk terlalu kecil buat paham makna berteman, tapi tidak ada salahnya kamu membiasakannya bersosialisasi dengan bayi lain.

Nah, sudah semakin menarik bukan perkembangan bayi 10 bulan itu? Kamu mesti konsisten mengajarkan hal baik dan buruk biar dia bisa membedakannya dan memilih melakukan hal baik sejak kecil.

Related posts

Lika liku Perkembangan bayi 8 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Lika liku Perkembangan bayi 1 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Lika liku Perkembangan bayi 7 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Berikan komentar