Perkembangan Bayi

Lika liku Perkembangan bayi 5 bulan yang mesti diketahui

bayi-18

Bayi kamu sudah masuk umur 5 bulan? Tidak terasa ya waktu berlalu begitu cepat. Sama seperti bulan-bulan sebelumnya, perkembangan bayi 5 bulan juga penting buat diketahui.

Penglihatan bayi umur 5 bulan biasanya akan semakin tajam, dan juga mulai bisa membedakan gradasi warna yang sama, seperti biru dan biru muda. Walau demikian, bayi masih tertarik dengan warna cerah, seperti kuning, hijau, merah, dan jingga.

Perkembangan fisik badan bayi

Berat badan bayi laki-laki berumur 5 bulan biasanya berkisar 6 – 9.2 kilogram dan Panjang 62 – 70 cm. sedangkan bayi perempuan berat badannya ada di kisaran 5.5 – 8.7 kilogram dan Panjang 60 – 68 cm.

Perkembangan kemampuan motoric

Bayi umur 5 bulan tidak jarang ada yang sudah bisa duduk tanpa ditopang walau tidak lama. Biasanya diawali dari posisi tengkurap, dia akan berusaha buat duduk dengan tangan menopang tubuhnya.

Kamu bisa membantunya biar posisi duduknya lebih stabil dengan memposisikan kedua kakinya merentang hingga menyerupai V.

Sudah saatnya kamu pindahkan mainan gantung di atasnya, biar dia tidak menariknya hingga jatuh menimpanya.

Selain sudah bisa meraih benda dalam jangkauannya, dia juga mulai bisa pindahkan bend aitu dari satu tangan ke tangan lainnya. Bahkan bisa melemparnya Cuma buat melihatnya jatuh.

Bayi kamu juga mungkin bisa pegang botol susu sendiri, tapi  jangan tinggalkan dia sendiri saat minum dari botol ya. Soalnya bisa saja susu tersendat dan tidak tertelan serta masuk ke saluran penghubung belakang tenggorokan dengan tengah telinga. Kalau itu sampai terjadi, telinganya bisa infeksi.

Perkembangan kemampuan komunikasi

Di umur 5 bulan, biasanya bayi sudah terbiasa dengan bunyi yang didengar di keseharian, seperti suara TV, telepon dan juga hewan peliharaan hingga tidak lagi menarik perhatian atau mengganggunya. Tapi kalau dengar suara yang baru pertama kali didengar, biasanya dia bakal menoleh ke suara itu.

Bayi juga berceloteh lebih banyak dan beragam, seperti “ma”, “ba”, “pa”, atau “ga”. Bahkan ada bayi yang sudah bisa gabungkan beberapa patah kata.

Perkembangan kemampuan sosial

Bayi biasanya mulai paham dan menyadari kalau Namanya dipanggil atau kamu sedang membicarakan dirinya dan menoleh ke kamu.

Selain itu bayi di umur 5 bulan biasanya suka melihat refleksi dirinya di cermin. Jadi kamu bisa sering membawanya bercermin, tapi pastikan cerminnya yang tidak mudah pecah.

Beberapa reaksi juga sudah mulai ditunjukkan buat ekspresikan perasaannya, misalnya menangis saat kamu menjauh atau mengangkat tangan kalau mau digendong.

Bayi umur 5 bulan tidak hanya bisa tersenyum, tertawa, dan menangis, namun juga sudah bisa menirukan suara, menjerit, serta mengeluarkan suara berbeda sesuai perasaan hatinya, misalnya rasa puas, kecewa, senang, dan sedih.

Kamu juga bakal melihat bayi kamu tertawa kalau melihat ekspresi atau hal lucu. Jadi sering-seringlah mengajak bercanda bayi kamu. Bayi kamu juga senang kalau dia diajak bicara, direspons, dan didengarkan.

Kalau bayi kamu menangis saat di lingkungan atau sekitar orang tidak dikenal, itu reaksi alami bayi saat merasa tidak aman dan cemas. Namun kamu mesti tetap membawanya ke lingkungan baru biar bayi kamu belajar beradaptasi dan mengenali lingkungan baru, seperti ke tempat swalayan atau taman sekitar rumah.

Salah satu yang mulai dipelajari bayi di umur 5 bulan adalah hubungan sebab akibat. Contohnya kamu bakal memungut mainan yang dia jatuhkan.

Umur balita adalah masa-masa menyenangkan baik bagi orangtua maupun balita itu sendiri. Pastikan membuat banyak kenangan indah Bersama balita kamu.

Related posts

Lika liku Perkembangan bayi 4 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Lika liku Perkembangan bayi 3 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Lika liku Perkembangan bayi 2 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Berikan komentar