Perkembangan Bayi

Lika liku Perkembangan bayi 1 bulan yang mesti diketahui

bayi lucu

Baru punya bayi? Pasti merasa bahagia ya? Jangan lupa tetap belajar cara merawatnya karena tiap bulan ada saja hal baru yang mesti dipelajari. Nah, buat sekedar memberi tambahan info yang dibutuhkan, terus baca artikel ini dan belajar soal perkembangan bayi 1 bulan.

Selain itu, penting kamu perhatikan kalau bayi kamu terus menerus menangis lebih dari tiga jam selama lebih dari tiga hari dalam seminggu tanpa alasan jelas. Soalnya bisa jadi bayi kamu mengalami kolik. Terutama jika kakinya naik turun dan sering keluarkan kentut.

Kamu juga perlu tahu kalau perkembangan otak bayi sangat pesat. Jadi pastikan selalu berinteraksi dengan bayi kamu. Karena dengan begitu, perkembangan cara berpikir, mengingat, dan belajar akan perlahan terbentuk.

Saat lahir, bayi belum menyadari kalau tangan dan kakinya itu bagian tubuhnya. Nah, di umur sebulan, bayi kamu mulai eksplorasi tubuh dan pertama-tama yang disadari adalah tangan dan kaki itu bagian tubuhnya.

Ada banyak hal yang patut dipelajari buat awasi perkembangan bayi 1 bulan pertama, berikut beberapa diantaranya.

Pertumbuhan fisik badan bayi

Setelah bayi kamu lahir, di masa-masa awal beratnya bakal cenderung menurun, namun setelah 10-12 hari bakal kembali naik. Tiap minggu setelahnya beratnya bakal terus naik sekitar 100-200 gram, selain itu di bulan pertama badannya juga akan bertambah tinggi sekitar 2.5-3.5 cm.

bayi-2

Perkembangan kemampuan motorik bayi

Apa saja sih kemampuan motorik bayi selama satu bulan? Banyak lho, diantaranya kemampuan tangannya buat mencengkeram sudah cukup kuat. Selain itu di umur 2 minggu kamu bisa mulai melatih otot matanya buat fokus dan mengikuti gerakan tangan kamu.

Soalnya di umur itu focus bayi buat memperhatikan objek berjarak 20-35 cm mulai terbentuk. Selain itu kamu juga bisa menggantung mainan berwarna cerah dan bisa berputar atau berbunyi di atasnya biar bayi tertarik dan mulai melihat serta berusaha menggapai serta menendangnya.

Di umur 3 minggu kamu bisa mulai latihan memperkuat otot leher dengan menengkurapkan bayi. Ini juga berguna buat latihan belajar, merangkak, berguling serta mempersiapkan bayi biar bisa duduk. Tapi, jangan sampai tidur di posisi tengkurap ya, kalau mulai tertidur kembalikan ke posisi telentang.

Bayi di umur sebulan sudah mulai bisa angkat kepala dan menggeleng-gelengkan kepala di posisi telungkup,

Perkembangan bicara bayi

Sering-seringlah mengajak bayi kamu bicara, soalnya sejak usia 1 minggu bayi bisa mengenali suara orangtuanya.

Walau belum bisa bicara, tapi bayi sudah bisa bilang “ah” saat lihat wajah kamu dan juga saat dengar suara kamu. Selain itu ada baiknya kamu juga segera datang hampiri kalau bayi menangis, soalnya saat itulah bayi mulai belajar komunikasi.

Perkembangan sosial bayi

Saat bayi berumur 1 bulan, dia mulai memperhatikan wajah orang di dekatnya serta juga mimic wajah mereka.

Beberapa bayi juga sudah mulai bisa berekspresi dengan tertawa dan bersuara. Selain itu bayi juga mulai bisa angkat alis, lebarkan dan sipitkan mata, kerucutkan bibir, serta kerutkan dahi. Bagaimana dengan bayi kamu? Kalau sudah bisa begitu, pastikan kamu merespons balik ya, karena itu caranya buat berkomunikasi dengan kamu.

Salah satu buat merangsang perkembangan sosialnya adalah dengan ajak bicara dalam jarak dekat sambil memandang matanya. Soalnya dengan begitu kamu melatih bayi biar bisa fokus mendengarkan sejak kecil.

Nah, sudah mulai dapat gambaran soal perkembangan bayi 1 bulan kan? Pastikan kamu selalu memeluk, mengajak bicara, dan selalu tersenyum pada bayi kamu. Berikan kasih sayang melimpah, karena sejak kecil bayi kamu sudah bisa merasakan kalau dia disayang.

Related posts

Lika liku Perkembangan bayi 10 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Lika liku Perkembangan bayi 5 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Lika liku Perkembangan bayi 3 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Berikan komentar