Perkembangan Bayi

Lika liku Perkembangan bayi 12 bulan yang mesti diketahui

bayi-ultah

Akhirnya bayi kamu sudah setahun ya? Bagaimana pesta ulang tahunnya? Meriah? Nah, sekarang kamu mesti focus buat perhatikan perkembangan bayi 12 bulan ya.

Sudah banyak perkembangan dilewati bayi sejak lahir hingga umur 12 bulan. Tidak terasa ya? Waktu berlalu dengan cepat, sekarang bayi kamu sudah berumur setahun. Banyak kenangan dan pengalaman yang pastinya bisa kamu kenang dan hargai.

Mulai dari pertama kali merangkak, duduk, berdiri, bahkan berdiri. Pertama kali makan makanan padat dan juga mengoceh.

Salah satu hal yang penting kamu ketahui juga adalah kamu mesti waspada akan gangguan penglihatan pada bayi kamu. Kalau dia sering menyipitkan mata, menggosok mata walau tidak mengantuk, sering menabrak benda, atau sering memiringkan kepala biar bisa lihat lebih jelas, seperti saat menonton televisi.

Perhatikan juga kalau matanya sering mengeluarkan air mata atau nanah, dia sensitif sama cahaya, matanya merah atau nyeri. Walau tidak terlalu mengganggu perkembangan bayi 12 bulan, namun anak pasti merasa tidak nyaman.

bayi-ultah-2

Perkembangan fisik badan bayi

Berat badan ideal bayi umur 12 bulan adalah berkisar antara 8 – 10 kilogram dan tinggi 70 – 77 cm. Tapi wajib kamu ingat, ini berat ideal ya, jadi tidak mesti berlaku buat semua bayi. Hanya sebagai patokan, karena masing-masing bayi berbeda-beda.

Perkembangan kemampuan motorik

Kemampuan motoriknya dibanding sejak lahir sudah berkembang dengan pesat, kini bayi sudah bisa berdiri sendiri, duduk, membungkuk, dan bahkan berdiri sendiri.

Tidak jarang juga bayi umur 12 bulan sudah bisa berjalan walau belum lancer dan masih butuh bantuan kamu.

Salah satu cara kamu bisa membantunya belajar berjalan adalah dengan meletakkan mainan-mainan bayi kamu di atas meja lalu biarkan dia berusaha menggapainya.

Selain itu kamu juga bisa berdiri agak menjauh dari bayi kamu, lalu memanggilnya sambil menggoyang-goyangkan mainan favoritnya. Dengan begitu bayi kamu bakal merasa tertarik dan berusaha berjalan perlahan mendekat ke arah kamu.

Banyak kemampuan motoric lain yang sudah bisa bayi lakukan di umur 12 bulan. Diantaranya adalah menumpuk dua balok, memegang pensil atau pulpen atau spidol, mencoret asal di buku atau dinding, dan juga mengambil balok dalam gelas.

Selain itu dia juga sudah bisa makan dengan menggunakan tangannya dan membalik sendiri lembaran halaman buku cerita. Dan juga ikut berusaha membantu kamu saat memakaikan pakaian.

Beberapa permainan favorit bayi umur 12 bulan adalah mendorong mainan beroda atau mobil-mobilan, memanjat sofa, atau melempar dan menggiring bola, serta menggelitik.

bayi-17

Perkembangan kemampuan komunikasi

Yang penting kamu ingat soal kemampuan komunikasi bayi kamu di umur 12 tahun adalah bayi kamu sudah mulai bisa paham dan mengerti apa yang dia maupun orang lain katakan.

Jadi selalu perkenalkan kosakata baru, dan juga saat dia menunjuk benda-benda tertentu kamu bisa katakan dengan jelas nama benda yang ditunjuk. Kalau dia menunjuk telepon, kamu katakan telepon.

Bayi juga bisa menirukan apa yang sering dia dengar, walau masih belum terlalu tepat dan jelas.

Perkembangan kemampuan sosial

Bayi kamu posesif sama mainannya dan tidak mau berbagi mainan dengan bayi lain? Memukul bayi lain? Jangan terlalu kuatir, itu masih tergolong wajar dilakukan bayi umur 12 bulan. Namun kamu masih tetap mesti koreksi perilakunya dengan suara tenang dan tegas.

Nah, bayi kamu sudah mulai beranjak menjadi anak kecil ya. Sudah baca perkembangan bayi 12 bulan di atas kan? Perhatikan hal-hal penting yang mesti dilakukan dan hindari.

Related posts

Lika liku Perkembangan bayi 5 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Lika liku Perkembangan bayi 7 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Lika liku Perkembangan bayi 6 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Berikan komentar