Perkembangan Bayi

Lika liku Perkembangan bayi 3 bulan yang mesti diketahui

bayi-6

Punya bayi 3 bulan tentu ada suka dan dukanya tersendiri, begitu juga dengan kamu kan? Walau tidur kamu tergolong berkurang drastis, namun ada kesenangan tersendiri menyaksikan perkembangan bayi 3 bulan.

Bayi umur 3 bulan sudah mulai stabil jadwal tidurnya, ada beberapa yang tidur sepanjang malam tanpa terbangun. Sehingga waktu terjaganya di siang hari lebih lama. Jadi kamu bisa mengajaknya bermain dan bicara lebih banyak.

Selain itu kamu juga ada baiknya jangan tinggalkan bayi kamu bermain sendiri tanpa pengawasan. Soalnya di umur 3 bulan, bayi sudah bisa meraih benda sekeliling dan masukkan ke mulutnya.

Perkembangan fisik badan bayi

Sama seperti bayi 2 bulan, perkembangan fisik badan bayi umur 3 bulan juga berbeda antara bayi laki-laki dan bayi perempuan.

Bayi laki-laki biasanya memiliki berat 5.1 – 7.9 kilogram dan panjangnya sekitar 57.6 – 65.3 cm. sedangkan berat badan bayi perempuan adalah 4.6 – 7.4 kilogram dan panjangnya 55.8 – 63.8 cm

Perkembangan kemampuan motorik

Perkembangan motoriknya juga tergolong pesat, diantaranya bayi sudah mulai bisa meraih benda-benda di dekatnya.

Selain itu bayi juga bisa bermain dengan aktif, terutama dengan tangannya sendiri. Bayi bakal memainkan, mengamati, dan membuka tutup jemarinya. Dia juga bisa menyatukan kedua tangannya serta masukkan ke mulut.

Sendi lutut dan panggulnya sudah semakin fleksibel hingga membuatnya bisa menendang lebih kencang.

Kamu juga bisa membantu perkembangan koordinasi tangan dan matanya, antara lain memegang mainan di dekatnya dan perhatikan jika dia bisa meraih mainan yang ada di tangan kamu itu.

bayi-7

Bayi umur 3 bulan juga mulai bisa meraba serta merasakan berbagai jenis permukaan, dan membedakan apakah permukaan itu halus atau kasar, berbulu ataupun berongga. Tangan bayi juga mulai dapat mencoba menggenggam benda, oleh karenanya kamu dapat coba mulai memberikan kerincingan, mainan berbunyi mendecit, cincin karet atau plastic, ataupun boneka lembut.

Beberapa bayi umur 3 bulan juga bisa meniru gerakan kamu, terutama jika kamu mengeluarkan suara dari mulut atau menjulurkan lidah.

Perkembangan kemampuan komunikasi

Biasakan sering mengajak bayi kamu bicara, di umur 3 bulan ada kemungkinan dia akan menatap mata kamu dan mulai bergumam seperti mau menjawab kamu.

Ada penelitian yang membuktikan jika kamu sering mengajak bicara bayi kamu maka kedepannya dia bakal punya perbendaharaan kata lebih banyak disertai dengan IQ lebih tinggi dibanding teman seusianya.

Perkembangan kemampuan sosial

Perkembangan sosial bayi umur 3 bulan juga tergolong pesat, terutama dipengaruhi perkembangan otaknya yang juga pesat. Bayi sudah mulai bisa menyesuaikan diri dengan dunia luar serta lebih sensitif jika ada perubahan di sekelilingnya.

Selain itu jangan kaget kalau bayi kamu bisa mengenali wajah kamu di keramaian atau tersenyum atau menggerakkan tangan saat melihat kamu mendekat.

Bayi juga mulai cenderung memilih dengan siapa akan berinteraksi, biasanya bayi akan pilih orang yang biasa di dekatnya di keseharian.

Celoteh bayi umur 3 bulan juga semakin sering dikeluarkan saat dia berusaha meniru suara atau ekspresi kamu, terutama saat dia diajak bermain.

Bayi umur 3 bulan juga sudah mulai mengamati sekitarnya, diantaranya jika ada hewan peliharaan atau bayi lain, bahkan jika melihat refleksi dirinya di kaca.

Pastikan kamu sering menggendong atau memangku bayi kamu, karena itu membantunya merasa nyaman dan tidak terganggu kehadiran orang yang belum dikenal.

Menyenangkan bukan belajar perkembangan bayi 3 bulan? Selalu limpahi bayi kamu dengan kasih sayang dan senyuman agar bisa tumbuh menjadi orang yang sehat dan Bahagia selalu.

Related posts

Lika liku Perkembangan bayi 5 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Lika liku Perkembangan bayi 8 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Lika liku Perkembangan bayi 6 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Berikan komentar