Perkembangan Bayi

Lika liku Perkembangan bayi 8 bulan yang mesti diketahui

Bayi kamu sudah umur 8 bulan? Senang tapi pasti juga repot ya? Soalnya salah satu perkembangan bayi 8 bulan yang biasanya muncul adalah bayi sudah mulai belajar berdiri. Bagaimana sama bayi kamu?

Kalau ternyata bayi kamu masih juga belum bisa duduk, ataupun merangkak, kamu bisa coba bantu perkembangannya ya. Salah satu caranya kamu bisa gerakkan kedua tangan dan kaki secara bersamaan dengan gerakan terarah. Kalau setelah beberapa lama dilakukan masih belum bisa juga, ada baiknya bawa saja ke dokter anak buat diperiksa.

Bayi kamu masih belum bisa berdiri? Jangan kuatir tidak semua perkembangan bayi 8 bulan itu sama persis, soalnya perkembangan di masing-masing bayi itu unik. Semua perkembangan bayi ini tidak mesti terjadi buat semua bayi, termasuk bayi kamu.

Perkembangan fisik badan bayi

Seperti bulan-bulan sebelumnya, perkembangan fisik bayi cenderung berbeda antara bayi perempuan dan bayi laki-laki.

Berat badan ideal bayi laki-laki biasanya 7 – 10.5 kilogram dan Panjang 66.5 – 74 cm. Sedangkan bayi perempuan memiliki berat badan ideal 6.3 – 10 kilogram dan Panjang 64 – 73 cm.

bayi-21

Perkembangan kemampuan motorik

Salah satu perkembangan motorik yang umum terjadi pada bayi umur 8 bulan adalah sudah mulai bisa berdiri. Biasanya dia bakal berusaha memegang kursi atau meja atau benda di sekitarnya buat membantunya berdiri.

Bayi umur 8 bulan juga mulai bisa belajar buat duduk setelah berdiri, biasanya dengan menekukkan lututnya.

Tidak sedikit juga bayi di umur 8 bulan ini sudah mulai belajar berjalan. Tapi bukan berarti kamu mesti belanja sepatu buat dipakai dulu ya. Soalnya beberapa dokter menyarankan bayi belajar jalan tanpa memakai alas kaki apapun. Selain biar bisa bantu memperkuat otot kaki, belajar jalan tanpa alas kaki juga membantu bayi buat jaga keseimbangannya.

Bayi juga bukan Cuma memindahkan mainan dari satu tangan ke tangan lainnya atau menjatuhkan mainannya saja, tapi bisa mengocok, membanting, meremas, bahkan memukul mainannya. Jangan kuatir, itu semua Cuma karena rasa ingin tahu saja. Jadi wajar kalau bayi kamu lakukan itu.

Karena tangannya sudah bisa menggenggam, maka kamu bisa memberikan makanan kecil atau finger food ya, seperti wortel, brokoli, atau apel yang dipotong memanjang, tapi masak dulu hingga lunak sebelum diberikan ya. Bayi kamu bisa memegang finger food itu dan menyantapnya sendiri. Tapi mesti terus kamu awasi ya, jangan sampai dia tersedak.

Awasi juga saat bayi kamu mulai bermain dengan lubang atau sela-sela, soalnya di umur 8 bulan, biasanya bayi suka memasukkan jarinya ke lubang, seperti lubang kunci.

Perkembangan kemampuan komunikasi

Kamu bisa membantunya belajar bicara, mengenali tubuh dan sekeliling, serta memperkenalkan nama-nama benda atau anggota tubuh.

Caranya kamu terus mengajaknya bicara, membacakan dongeng sebelum tidur, dan juga menunjuk benda-benda sekitar atau anggota tubuh sembari menyebutkan nama-nama benda atau anggota tubuh yang ditunjuk, seperti TV, tangan, kucing, dan sebagainya.

Perkembangan kemampuan sosial

Bayi umur 8 bulan sudah mulai menirukan perilaku kamu, seperti minum dari cangkir, menyisir rambut, berpura-pura bicara di telepon.

Walau belum bisa diajarkan disiplin, tapi kamu bisa terus melarangnya saat dia lakukan hal buruk. Jangan lupa berikan pujian juga kalau dia lakukan hal baik ya, biar seimbang.

Menarik, bukan? Sekali lagi diingatkan semua perkembangan bayi 8 bulan yang disebutkan di atas tidak mesti terjadi sama bayi kamu. Tapi kalau ada yang kamu rasa janggal, ada baiknya kamu langsung bawa ke dokter anak.

Related posts

Lika liku Perkembangan bayi 9 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Lika liku Perkembangan bayi 11 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Lika liku Perkembangan bayi 5 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Berikan komentar