Perkembangan Bayi

Lika liku Perkembangan bayi 2 bulan yang mesti diketahui

bayi-9

Bayi kamu sudah masuk umur 2 bulan? Pastikan kamu tahu perkembangan-perkembangan bayi 2 bulan biar bisa lebih merangsang pertumbuhan bayi kamu lebih baik. Soalnya tiap bulan pasti ada saja perkembangan baru yang dialami bayi kamu.

Sebelum bahas lebih lanjut, ada baiknya kamu tahu beberapa hal yang mesti kamu waspadai, seperti:

  • Bayi kamu tidak mengangkat kepala saat ditengkurapkan
  • Bayi kamu tidak tersenyum kalau diajak tersenyum
  • Bayi kamu tidak memasukkan tangan ke mulut
  • Penglihatan bayi kamu seperti tidak fokus saat melihat benda bergerak
  • Bayi kamu tidak menunjukkan respon atau reaksi apapun saat dengar suara kencang

Gejala di atas terlihat pada bayi kamu? Tidak ada salahnya kamu pergi periksa ke dokter anak.

Selain itu yang juga penting adalah kamu harus pastikan bayi kamu tidurnya cukup. Soalnya tidur cukup itu pondasi utama dalam perkembangan bayi. Kebutuhan tidur bayi meningkat di umur 5 minggu dibanding saat baru lahir. Kamu bisa membantu tidurnya lebih nyenyak dengan memijatnya atau membacakan cerita sebelum mengantar bayi kamu tidur.

Nah, sekarang mari focus membahas perkembangan bayi 2 bulan dari berbagai sisi, diantaranya seperti di bawah ini.

Perkembangan fisik badan bayi

Biasanya bayi di umur 2 bulan bakal berbeda perkembangan fisiknya antara bayi laki-laki dan bayi perempuan. Berat badan bayi laki-laki biasanya diantara 3.8 – 5 kilogram dan panjangnya 52-56 cm. Sementara bayi perempuan beratnya berkisar 3.6 – 4.8 kilogram dan Panjang 52-55cm.

Perkembangan kemampuan motorik

Banyak perkembangan motorik bayi di umur 2 bulan, diantaranya bayi bisa menggenggam tangan dengan cara menutup dan membukanya, serta bisa bermain dengan jarinya.

Bayi umur 7 minggu biasanya mulai tunjukkan ketertarikannya ke benda atau mainan cerah yang bisa keluarkan bunyi.

Bayi kamu sering menghisap jari tangan? Biasanya itu pertanda dia sedang berusaha menenangkan dirinya.

Di umur 8 minggu, leher bayi sudah semakin kuat hingga bisa tegakkan kepala sampai 45 derajat dibantu ditopang dengan tangan. Bayi juga bisa bergerak seperti orang push-up saat ditengkurapkan.

Bayi kamu juga sudah mulai belajar berguling-guling di umur 2 bulan. Kamu bisa bantu melatihnya dengan cara meletakkan mainan berwarna cerah di dekat bayi kamu biar dia bisa melihat dan tertarik perhatiannya ke mainan itu. Setelah itu perlahan pindahkan mainan ke sisi lain, mungkin awalnya bayi kamu butuh bantuan silangkan pahanya agar bisa bergerak miring yang mempermudah baginya buat berguling.

bayi-19

Perkembangan kemampuan komunikasi

Bayi memasuki umur 5 minggu mulai bisa keluarkan suara bayi dan perlihatkan ekspresi wajah sesuai apa yang dirasakan. Seperti melotot, meniup, atau menaikkan alis mata kalau merasakan sesuatu yang tidak nyaman, misalnya popok basah, kelelahan atau kelaparan.

Penting buat diketahui bayi selain menangis, caranya berkomunikasi juga dengan mengoceh lucu serta mendengus. Kamu mesti sering mengajaknya bicara biar bayi kamu terdorong berbicara.

Ada juga bayi umur 2 bulan yang sudah bisa membalas tersenyum jika diajak tersenyum oleh orangtuanya. Bagaimana dengan bayi kamu?

Perkembangan kemampuan sosial

Bayi saat umur 2 bulan adalah masa dia mempelajari sosialisasi, jadi sering-seringlah menyanyi, membacakan cerita atau bicara kepadanya. Walau belum bisa membalas, tapi bayi kamu sedang mempelajarinya.

Bayi di umur 2 bulan juga biasanya sudah mulai mengenali wajah yang sering dilihatnya. Jadi ada kemungkinan bayi kamu sudah mengenali wajah kamu bahkan dari jarak jauh.

Perkembangan bayi 2 bulan sangat pesat jadi jangan kaget kalau menjelang akhir 2 bulan bayi kamu sudah berusaha meraih perhatian kamu saat merasa ingin diperhatikan sama kamu.

Soalnya bayi sudah mulai bisa merasa bosan atau kurang terstimulasi, jadi jangan heran kalau dia menangis walau baru saja menyusu atau popoknya kering. Ada kemungkinan dia menginginkan perhatian dan mau main dengan orangtuanya.

Nah, itulah perkembangan bayi 2 bulan yang patut kamu ketahui. Terus perhatikan perkembangan bayi kamu dan segera ke dokter anak jika kamu merasa ada yang salah dengan bayi kamu.

Related posts

Lika liku Perkembangan bayi 1 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Lika liku Perkembangan bayi 11 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Lika liku Perkembangan bayi 9 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Berikan komentar