Perkembangan Bayi

Lika liku Perkembangan bayi 9 bulan yang mesti diketahui

Bayi kamu sudah mulai bisa merespons dan bersosialisasi belum? Kalau dia sudah umur 9 bulan, biasanya itu termasuk ke perkembangan bayi 9 bulan. Bayi sudah mulai memberikan respons dan juga bersosialisasi dengan sekitarnya.

Ingatan jangka pendek pada bayi di umur 9 bulan juga mulai terbentuk, dia mulai bisa mengingat dimana dia meletakkan mainannya, atau cara memainkan mainan, bahkan menirukan hal-hal yang dilihatnya seminggu yang lalu.

Kesadaran bayi bahwa beberapa benda itu merupakan miliknya juga sudah mulai terbentuk, seperti mainan miliknya. Jadi kalau kamu mengambil mainan miliknya, biasanya dia bakal bereaksi.

Bayi terbiasa menenangkan diri dengan mengisap, jadi ada baiknya kamu belikan empeng atau dot. Tapi jangan lupa selalu membersihkannya biar steril ya.

Perkembangan bayi 9 bulan lainnya adalah perkembangan jalinan syaraf otak bayi yang terhubung dengan semakin cepat. Sebaiknya kamu sering berikan stimulus yang tepat biar bayi lebih banyak tahu dan belajar, seperti menari, membaca, bicara, menyanyi atau mengajaknya ke lingkungan baru dan berinteraksi dengan orang lain.

Perkembangan fisik badan bayi

Berat badan bayi laki-laki di umur 9 bulan berkisar antara 7.2 – 10.9 kilogram dan Panjang 67.7 – 76.2 cm. Sedangkan bayi perempuan memiliki berat badan ideal antara 6.6 – 10.4 kilogram dan Panjang 65.6 – 74.7 cm

Perkembangan kemampuan motorik

Bayi umur 9 bulan gemar memindahkan mainannya dari satu tempat ke tempat lain, seperti mengeluarkan mainan dari kotak mainan.

Selain itu bayi juga bisa menunjuk benda yang dia inginkan atau menarik perhatiannya dengan jari telunjuknya.

Kamu juga bakal Lelah mengikutinya merangkak, karena bayi di umur 9 bulan biasanya suka aktif merangkak kemana-mana. Bahkan dia bisa menggenggam mainan di tangan kirinya sembari merangkak dengan tangan kanan dan kedua lututnya

Selain merangkak, bisa jadi bayi kamu juga mulai belajar berjalan kaki sambil memegang kursi atau meja dan menjelajahi ruangan. Kamu mesti terus mendampingi dan menjaganya biar tidak jatuh.

Rumah kamu bertingkat? Kamu mesti ekstra hati-hati, soalnya bayi umur 9 bulan juga umumnya sudah mulai bisa naik turun tangga lho.

Rasa ingin tahu bayi juga cenderung tinggi pada bayi umur 9 bulan, dia bakal memperhatikan cara membuka kran air, membuka pintu atau memegang ponsel yang berbunyi. Selain itu bayi juga bisa mengangkat benda-benda dengan telunjuk dan ibu jarinya.

Perkembangan kemampuan komunikasi

Pemahaman bayi akan sesuatu juga semakin baik hingga dia bisa memberikan respons tepat. Misalnya kamu tanyakan dimana mainan favoritnya, dia bisa menunjuk ke mainan yang dimaksud, atau saat telepon berdering dan kamu tanyakan suara apa itu, dia bisa menunjuk ke telepon.

Bayi juga semakin paham akan artinya larangan, seperti kata tidak atau jangan. Walau dia tidak selalu mematuhinya, kamu bisa terus terapkan peraturan sederhana, seperti biasakan cuci tangan sebelum makan, atau jangan banting mainan.

bayi-3

Perkembangan kemampuan sosial

Kemampuan sosial bayi umur 9 bulan berkembang dengan pesat, dia akan senang jika menjadi pusat perhatian dan merasa senang jika orang sekitarnya tertawa melihat gerakannya atau mendengar suara yang dikeluarkan.

Selain itu bayi juga senang berbagi makanannya pada orang lain atau hewan peliharaan, dan biasanya lebih senang lagi saat kamu atau siapapun yang diberikan makanan menerima makanan itu. Itu hal baik yang sebaiknya kamu pertahankan dan latih, biar dia terus senang berbagi ke depannya.

Nah, menarik bukan perkembangan bayi 9 bulan? Jadi seringlah membawa bayi kamu ke lingkungan baru dan mengajarnya bersosialisasi sejak kecil.

Related posts

Lika liku Perkembangan bayi 3 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Lika liku Perkembangan bayi 11 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Lika liku Perkembangan bayi 5 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Berikan komentar