Perkembangan Bayi

Lika liku Perkembangan bayi 4 bulan yang mesti diketahui

bayi-16

Bayi kamu sudah 4 bulan? Pasti sudah bisa berceloteh ria ya? Kamu pasti senang mendengar celoteh riang bayi kamu. Nah, biar lebih tahu soal perkembangan bayi 4 bulan, pastikan membaca artikel ini sampai akhir.

Pertumbuhan setiap bayi itu tergolong unik, tidak selalu bisa disamakan buat semua bayi, tapi kalau bayi kamu sudah umur 4 bulan namun kakinya tidak menjejak ke lantai jika diberdirikan ada baiknya diperiksa ke dokter anak. Tidak ada salahnya berjaga-jaga kan?

Begitu juga jika bayi kamu tidak berceloteh atau mengeluarkan suara apapun, atau kepalanya tidak bisa tegak berdiri dengan sendirinya. Atau jika ada yang kamu aneh dan janggal, jangan ragu membawanya ke dokter anak.

Nah, sekarang mari bahas perkembangan bayi 4 bulan apa saja yang mesti kamu ketahui.

Perkembangan fisik badan bayi

Bayi yang sudah berumur 4 bulan berat badannya bisa bertambah dua kali lipat dibanding saat baru lahir. Berat bayi laki-laki biasanya berkisar 5.6 – 8.6 kilogram dan Panjang 60 – 67.8 cm. Sementara berat bayi perempuan ada kisaran 5.1 – 8.1 kilogram dan Panjang 58 – 66.2 cm.

Bayi umur 4 bulan biasanya perkembangan lambungnya sudah lebih besar dibanding sebelumnya. Karena itu saat menyusu, dia bakal terus menyusu hingga kenyang yang berdampak dia semakin jarang menyusu.

bayi-7

Perkembangan kemampuan motorik

Kamu bisa mendorong perkembangan koordinasi tangan dan mata bayi kamu dengan menggantungkan mainan di atas, biar dia bisa tertarik buat menggapainya dengan tangannya.

Selain itu kamu juga bisa mengajaknya bermain dengan mendekatkan mainan ke dekatnya dan memindahkannya ke sisi lain saat dia tertarik dan berusaha meraihnya. Dengan begitu matanya akan focus mengikuti gerakan mainan, dan tangannya berusaha meraihnya ke arah yang dituju.

Bayi juga bisa menggulingkan badan dari posisi awal telentang ke tengkurap, begitu juga sebaliknya. Sementara saat tengkurap, dia bisa tegakkan kaki dan tangan bahkan melengkungkan punggung yang bermanfaat buat bantu perkuat kepala dan leher.

Karena sudah bisa mulai berguling, selalu tidurkan bayi kamu di tempat tidur atau permukaan yang aman ya. jangan lupa taruh tumpukan bantal atau guling buat cegah biar tidak terjatuh.

Kamu pastikan juga memuji bayi kamu kalau dia sukses mengubah posisi dari tengkurap ke telentang biar dia termotivasi terus mengulang gerakannya hingga ototnya makin kuat dan terlatih.

Saat diangkat dan digendong, bayi umur 4 bulan juga bisa tegakkan Pundak dan kepala. Tulang belakang bayi juga sudah mulai menguat hingga kamu mulai bisa memposisikannya duduk tapi kamu harus bantu dengan menyangganya.

Perkembangan kemampuan komunikasi

Kemampuan komunikasi bayi umur 4 bulan biasanya ditunjukkan dengan berceloteh “pa-pa” atau “ya-ya”. Vokal yang biasanya paling sering dicelotehkan adalah “a”.

Selain itu bayi juga mulai menyadari dan menyukai kemampuannya mengeluarkan bunyi-bunyi atau suara di telinganya.

Jangan lupa berikan respons yang tepat saat bayi kamu terlihat mau berusaha ucapkan sesuatu, dengan begitu dia akan merasa semakin yakin buat ucapkan lebih banyak kata.

Menjelang akhir bulan, bayi biasanya sudah bisa mengulang kata-kata seperti “mama-mama” atau “baba-baba” berulang kali.

Perkembangan kemampuan sosial

Bagi bayi umur 4 bulan biasanya akan langsung spontan senyum saat melihat orang yang menarik perhatiannya.

Bayi juga bisa meniru ekspresi wajah, baik itu dengan senyuman lebar atau cemberut. Mulai menunjukkan reaksi dengan menangis kalau berhenti bermain saat dengan orang lain.

Selain menangis, bayi juga mulai bisa tertawa kalau melihat hal menarik atau lucu.

Semakin pesat bukan perkembangan bayi 4 bulan? Pasti tidak ada rasa bosan saat memiliki bayi, setiap saat yang berlalu selalu dirasa membahagiakan.

Related posts

Lika liku Perkembangan bayi 3 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Lika liku Perkembangan bayi 9 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Lika liku Perkembangan bayi 2 bulan yang mesti diketahui

Riska Novayanti

Berikan komentar