Kesehatan

Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Varises

Varicose Disease-IGdie_venenaerztin
Varicose Disease-IGdie_venenaerztin

NOVAYANTI.COM – Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Varises Apa itu penyakit varises? Anda harus mengetahui latar belakang dari penyakit varises terlebih dahulu untuk menemukan jawabannya. Pada tubuh manusia, ada 2 pembuluh darah, yakni pembuluh darah vena dan arteri.

Tugas dari pembuluh darah vena adalah mengembalikan darah menuju jantung, sementara tugas arteri membawa darah yang berasal dari organ jantung pada seluruh tubuh. Kerja dari pembuluh vena dibantu oleh kontraksi otot. Pada pembuluh darah vena sendiri ada katup-katup yang memiliki tugas untuk mencegah arus balik darah terjadi di pembuluh tersebut. Jika Anda bertanya, kapan penyakit varises terjadi, Penyakit Varises terjadi saat katup vena rusak, melemah, juga ketika dinding vena berubah renggang.

Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kondisi tersebut, yaitu kehamilan, obesitas, genetika, umur, kebiasaan berdiri dalam waktu terlalu lama, dan berbagai masalah kesehatan yang lain.

Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Varises

Gejala Varises

Wanita lebih sering terjangkit penyakit varises dibandingkan pria. Kasus varises yang terjadi pada sebagian besar orang adalah di kaki, sementara beberapa yang lainnya terkena penyakit varises di pembuluh darah vena yang terdapat pada sekitar panggul, anus, kerongkongan, rahim, serta vagina. Apabila penyakit varises bertambah parah, penderita penyakit tersebut dapat merasakan komplikasi, contohnya ulkus vena, pendarahan, dan inflamasi di vena.

Penyakit Varises-IGnyveinclinics
Penyakit Varises-IGnyveinclinics

Gejala utama penyakit varises yakni pembuluh darah vena yang muncul, cirinya yaitu memiliki warna kebiruan dan terlihat dengan jelas, berkelok-kelok dan melebar. Penderita penyakit varises dapat merasa bengkak, sakit, berat, di daerah kaki, khususnya pada bagian betis. Untuk beberapa kasus yang terjadi, terdapat pembengkakan, borok, dan perubahan, untuk borok dapat terjadi di bagian pergelangan. Untuk sebagian besar pasien varises, varises dapat berupa gangguan ringan dengan gangguan fisik, tetapi varises memiliki potensi menyebabkan rasa tak nyaman dan rasa nyeri, bahkan juga dapat berubah menjadi kondisi kesehatan cukup serius.

Penyebab penyakit varises

Usia

Usia seseorang yang bertambah akan menyebabkan tingkat keelastisan dari pembuluh darah menurun, pada beberapa kasus keelastisan pembuluh darah tersebut menghilang, pada akibatnya akan mudah meregangkan. Juga, katup vena bisa melemah, efek yang diakibatkan yaitu darah di mana seharusnya bergerak maju ke organ jantung, justru menjadi sebaliknya, menjadi mengalir mundur. Karena itu tekanan di pembuluh darah vena pun menjadi lebih tinggi, hingga pada akhirnya akan meregang membesar, kemudian penyakit varises pun akhirnya terjadi.

Menopause

Selain usia, menopause juga merupakan penyebab terjadinya penyakit varises. Menopause, termasuk progesterone dan estrogen yang terkandung dalam KB hormonal, contohnya implan, suntik, dan pil, memiliki potensi untuk melemahkan katup vena, serta merubah sirkulasi di kaki, hingga akhirnya bisa menyebabkan penyakit varises terjadi.

Kehamilan

Pada saat seorang wanita hamil, volume darah pun akan meningkat, tetapi akan mengurangi aliran darah yang berasal dari kaki menuju daerah panggul. Adanya perubahan sirkulasi tersebut dirancang untuk bisa mendukung proses pertumbuhan janin, tetapi justru kondisi yang disayangkan yakni bisa timbul efek samping, efek samping tersebut kurang menguntungkan, yaitu pembuluh darah yang semakin membesar di bagian kaki.

Semasa kehamilan, perubahan hormon tersebut ikut memainkan peran positif. Tetapi memang umumnya penyakit varises yang berkembang untuk masa-masa kehamilan bisa membaik tanpa perlu mendapatkan perawatan medis khusus. Waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan tersebut kurang lebih selama tiga bulan.

Mengobati Varises

Untuk pengobatan varises cara alami bisa dengan mengurangi waktu berdiri atau duduk, jangan berdiri terlalu lama, juga jangan duduk terlalu lama. Kedua, hindari memakai High Heels. Ketiga, jangan sampai Anda mengalami obesitas, jaga asupan makanan agar seimbang, juga diiringi aktivitas olahraga yang cukup. Sementara itu, untuk pengobatan varises juga bisa dengan konsultasi ke dokter, umumnya dokter akan memberikan resep suplemen atau obat tertentu, dengan begitu penyakit varises akan mereda

Related posts

Kandungan Gizi dan Manfaat Wasabi Untuk Kesehatan

Riska Novayanti

Berbagai Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Kamu!

Riska Novayanti

Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Kanker: Kenali Kandungan Serta Berbagai Cara Kerjanya!

Riska Novayanti

Berikan komentar