bayi-17

Bayi kamu sudah 11 bulan? Kamu pasti tidak sabar mau merayakan ulang tahun pertamanya kan? Tapi sebelum persiapkan pesta ulang tahunnya, ada baiknya kamu pelajari perkembangan bayi 11 bulan dulu ya.

Kepribadian bayi di umur 11 bulan sudah mulai terbentuk. Dia mulai memilih-milih makanan yang disukai, mainan yang disukai, serta perilaku yang disukai. Selain itu perkembangan emosinya juga mulai beragam.

Bayi mulai lakukan tantrum saat dia merasakan keinginannya tidak dituruti, entah itu saat makanan yang diberikan tidak sesuai kemauannya ataupun saat mainan favoritnya diambil.

Bayi mulai menyadari dan paham bahwa dia bisa memakai tangisan sebagai senjata buat memaksa orang melakukan keinginannya atau memberikan apa yang dia inginkan. Jadi di umur ini penting buat kamu mulai menerapkan disiplin ya.

Perkembangan bayi 11 bulan lainnya adalah perkembangan indra perasanya, bayi sudah mulai bisa merasakan rasa makanan yang dimakannya. Jadi dia sudah bisa memilih mana makanan yang dirasa enak baginya dan mana yang tidak enak.

[penci_related_posts dis_pview=”no” dis_pdate=”no” title=”Baca Kelanjutannya” background=”” border=”” thumbright=”no” number=”12″ style=”list” align=”none” withids=”” displayby=”cat” orderby=”date”]

Perkembangan kemampuan motorik

Ada baiknya bayi kamu dibiarkan menyentuh berbagai tekstur permukaan dan berbagai bentuk dasar benda-benda di sekitar. Entah itu permukaan karpet yang kasar, lantai yang licin, bentuk bulat sebuah bola, tekstur lembut boneka favoritnya.

Biarkan bayi menyentuh dan merasakannya di tangan dan kakinya, biar dia mengenali bentuk dan tekstur tersebut.

Bayi umur 11 bulan juga sudah mulai mencoba berjalan sendiri, kamu jangan melarangnya. Tapi terus awasi dan jaga saat dia berkeliling rumah. Karena ada kemungkinan dia bakal mencoba jalan sambil membawa mainan favoritnya keliling rumah.

Perkembangan koordinasi tangan dan kakinya juga semakin pesat. Bayi mampu membedakan ukuran dan warna benda, serta memisahkan dan mengatur mainannya berdasarkan dua hal tersebut.

Bayi juga sebaiknya dibiasakan memegang botol susunya sendiri dan juga diajarkan cara memegang sendok dengan benar.

bayi-22

Perkembangan kemampuan komunikasi

Kemampuan bicara bayi di umur 11 bulan sudah semakin membaik. Kamu bisa membantu memperkenalkan berbagai kosakata baru padanya.

Salah satu caranya adalah dengan membacakan lebih banyak buku dongeng serta buku cerita anak kecil lainnya.

Selain itu membaca buku juga penting karena bayi mulai bisa menghubungkan kata dengan pengalaman yang dialaminya. Jangan lupa terus perkenalkan kosakata baru dan sering ulangi biar bayi kamu terbiasa.

Kamu juga bisa mendorong bayi biar tertarik berbicara agar kemampuan berbahasanya

terbangun. Bayi sudah bisa mengerti serta merespons perintah sederhana, seperti “Tolong ambilkan mainan itu” atau “Bawa kesini mainannya”. Tentu kamu mesti mengatakannya sembari menunjuk benda yang kamu maksud buat membantunya paham.

Berikan bayi kamu pujian ya kalau dia berhasil berikan respons dan perilaku sesuai yang diinginkan.

Perkembangan kemampuan sosial

bayi-11

Walaupun bayi umur 11 bulan masih terbiasa main sendiri, namun dia mulai tertarik buat main dengan bayi seumuran lainnya. Namun kemandirian tetap penting kamu ajarkan dan kembangkan.

Seperti di bulan-bulan sebelumnya, kamu mesti terus konsisten mengajarkan aturan sederhana buat memperkenalkan hal baik dan buruk sejak kecil. Kamu juga bisa mengajarkan berbagai keterampilan sosial lainnya.

Tidak jarang juga bayi umur 11 bulan bakal sering berbuat nakal dan lakukan tantrum, kamu jangan memanjakan dan memberikan keinginannya. Tetapkan sikap tegas dan selalu peringatkan dia, namun sebisa mungkin jangan membentaknya ya. Cukup peringatan tegas.

Sudah semakin tahu kan perkembangan bayi 11 bulan? Jadi selalu siapkan berbagai variasi makanan ya biar bayi kamu tidak bosan dan tumbuh sehat.